Strategi Pengembangan Usaha Mie Ayam Cabe Hejo Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM
Main Article Content
Abstract
Abstrak−Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan strategi pemasaran yang dapat diterapkan oleh Mie Ayam Cabe Hejo menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threats) dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix). Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan analisis strategi menggunakan matriks IFE dan EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mie Ayam Cabe Hejo memiliki posisi yang kuat dalam memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada dan mampu mengatasi kelemahan dan ancaman dengan nilai tertimbang IFE sebesar 2,81 dan nilai tertimbang EFE sebesar 2,775. Dalam analisis menggunakan matriks IE menunjukkan bahwa Mie Ayam Cabe Hejo dapat menggunakan strategi hold and maintain dengan strategi alternative penetrasi pasar dan pengembangan produk. Kedua strategi tersebut menjadi salah satu pertimbangan dalam menetapkan strategi yang tepat. Analisis matriks SWOT menghasilkan sembilan strategi alternatif yang dapat diterapkan. Strategi yang sebaiknya diprioritaskan oleh Mie Ayam Cabe Hejo adalah dengan melakukan penetrasi pasar.
Kata Kunci: Manajemen Strategi; Matriks SWOT; Matriks QSPM; Matriks IE; UMKM
Article Details
An author who publishes in the journal "Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)" agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
All materials in this site are protected by the law. It is prohibited to quote a part of or all of this website contents for commercial purposes without the permission or consent of the editors.
If anyone finds one article or more in this journal violate or potentially violate one's copyrights, please report to us through e-mail of Principle Contact.
Legal-formal aspects of accessing any information and manuscript in this journal website refer to the provision of license Creative Commons Attribution-Share Alike (CC BY-SA). Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
All information available in 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is academic in nature. 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is not responsible for loss due to the abuse of information in the website.
References
David, M. E., David, F. R., & David, F. R. (2017). The quantitative strategic planning matrix: a new marketing tool. Journal of Strategic Marketing, 25(4), 342–352. https://doi.org/10.1080/0965254X.2016.1148763
Effendi, U., Astuti, R., & Candra Melati, D. (2017). Development Strategies of Chocolate Business Using Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM) and Multi Attribute Utility Theory (MAUT) at "Kampung Coklat", Blitar. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 6(1), 31–40. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2017.006.01.5
Harini, C., & Yulianeu. (2015). Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Kota Semarang melalui Strategi Penetrasi Pasar. IKRAITH-EKONOMIKA, 2(1), 59–66.
Herlina, L., & Sulayman, D. (2013). Market Penetration Strategy of Gambier Toothpaste for Children'S Teeth Care. Available Online At, 2(1), 145–153. http://tin.fateta.ipb.ac.id/journal/e-jaii
Prayudi, D., & Yulistria, R. (2020). Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 225. https://doi.org/10.30588/jmp.v9i2.516
Pudjihardjo. (2015). Analisa Pengaruh Kepercayaan Kemudahan Kualitas Dan Tampilan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Pemasaran Di Media Sosial. Journal of Marketing, 364–379.
Putri, N. E., Astuti, R., & Putri, S. A. (2014). MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT DAN METODE QSPM ( QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIKS ) ( STUDI KASUS RESTORAN BIG BURGER MALANG ) PLAN OF RESTAURANT DEVELOPMENT STRATEGY USING SWOT ANALYSIS AND QSPM ( QUANTITATIVE STRATEGIC PLANNING MATRIX ) METHODS ( CASE. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 3(2), 93–106.
Qanita, A. (2020). Analisis Strategi Dengan Metode Swot Dan Qspm (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus Pada D'Gruz Caffe Di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11–24. https://doi.org/10.15575/jim.v1i2.10309
Rainanto, B. H. (2019). Analisis Permasalahan yang Dihadapi Oleh Pelaku Usaha Mikro agar Berkembang menjadi Usaha Kecil (Scalling Up) Pada UMKM di 14 Kecamatan di Kabupaten Bogor. Scalling Up, UMKM, Micro Bussiness, Marketing, 2(1), 1–19. http://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-84865607390&partnerID=tZOtx3y1%0Ahttp://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2LIMMD9FVXkC&oi=fnd&pg=PR5&dq=Principles+of+Digital+Image+Processing+fundamental+techniques&ots=HjrHeuS_
Sari, D. P., & Oktafianto, A. (2017). Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis Swot Dan Matriks Ifas – Efas Pada Cv. Dinasty. Seminar Nasional IENACO, 238–245.
Sarjono, B. (2013). Pengelolaan Strategi dalam Persaingan Bisnis. Jurnal Manajemen Strategi, 9, 58–61.
Sasongko, D. (2020). UMKM Bangkit, Ekonomi Indonesia Terungkit. Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/13317/UMKM-Bangkit-Ekonomi-Indonesia-Terungkit.html
Setyorini, H., Effendi, M., & Santoso, I. (2016). Marketing Strategy Analysis Using SWOT Matrix and QSPM (Case Study: WS Restaurant Soekarno Hatta Malang). Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6
Tjoe, T. ., & Sarjono, H. (2010). Strategi Bisnis Pada PT. CTL dengan Pendekatan Metode TOWS. Binus Business Review, 1(2), 434–447.
Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy Toward Global Sustainability (13th Editi). Pearson Education.