ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN

Taufan Hidayat,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh produk terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, (2) pengaruh harga terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, (3) pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, (4) pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang dan (5) pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pelanggan rumah makan Koki Jody di Magelang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 155 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif produk terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan nilai t hitung sebesar 3,174; nilai signifikansi 0,002<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,229; (2) terdapat pengaruh positif harga terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 2,739; nilai signifikansi 0,007<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,197; (3) terdapat pengaruh positif promosi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang. dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,384; nilai signifikansi 0,000<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,313; (4) terdapat pengaruh positif lokasi terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan nilai t hitung sebesar 3,366; nilai signifikansi 0,001<0,05; dan koefisien regresi sebesar 0,240; dan (5) terdapat pengaruh produk, harga, promosi, dan lokasi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian rumah makan Koki Jody di Magelang, dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 12,147 dan signifikansi 0,000<0,05.

Keywords


Keputusan Pembelian; Produk; Harga; Promosi; Lokasi

Full Text:

PDF

References


Basu Swastha DH dan Irawan. 1985. Manajemen Pemasaran Moder, Edisi 3. Yogyakarta. Liberty.

Basu Swastha DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Dharmmesta, Basu Swastha, Handoko, T. Hani. 2011. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen (Edisi 1). Yogyakarta: BPFE.

Fatonah, Siti dan Soebandiono Sigit R. 2010. Analisis Faktor-Faktor Marketing Mix yang Mempengaruhi Konsumen Membeli Benih Jagung Hibrida Pioneer P2I di Kabupaten Bantul. Jurnal STIE AUB.

Ghanimata, Fitriyanita. 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pembeli Produk Bandeng Juwana Elrina Semarang). Jurnal Manajemen Vol.1, No.2. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS, Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gujarati, Damodar. 2003. Ekonomika Dasar. Jakarta : Erlangga.

Gujarati, Damodar. 2006. Ekonomika Dasar. Jakarta : Erlangga.

Hair, Joseph F., et.al. 2010. Multivariate Data Analysis, 7th Edition. New York: Prentice Hall International. Inc.

Kanoga. S. Njugana, R. dan Bett S. 2015. The Effect of Place on Performance of Shopping Malls in Nairobi County Kenya. Journal of Social Sciences and Humanities Vol. 1, No.4.

Kotler, Amstrong. 2001. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Keduabelas, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller 2007. Manajemem Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. PT Indeks: Jakarta.

Kotler, Philip dan Kevin L. Keller 2009. Manajemem Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1 dan 2. Alih Bahasa: Bob Sabran, (2012), Erlangga, Jakarta.

Kotler, Philip., Keller, K, (2012), Marketing Management, Global Edition, Publishing as Prentic Hall.

Lupiyoadi. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktek. Salemba Empat: Jakarta.

Made Novandri SN. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Harpindo Jaya Cabang Ngaliyan. Skripsi: FE, Undip Semarang.

Roki Priyanto. 2012. Belajar Cepat Olah Data Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta.

Setiadi J. Nugroho. 2010. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Kencana. Jakarta.

Setiaji. 2004. Panduan Riset dengan Pendekatan Kuantitatif. Surakarta: Program Pascasarjana UMS.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2012, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukotjo, Hendri dan Sumanto Radix. 2010. Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process, dan Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis.

Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research 2. Andi Offset, Yogyakarta.

Tedjakusuma, Hartini dan Muryani. 2008. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Konsumen dalam Pembelian Air Minum mineral di Kotamadya Surabaya. Jurnal Penelitian Dinamika Sosial. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga.

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran, Edisi 1. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2001. Manajemen Jasa, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Chandra G. 2011. Service Quality and Satisfaction Edisi ketiga, ANDI, Yogyakarta.

Triyanto, A. Ridha. 2011. Analisis pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian kedelai oleh konsumen bisnis (Toko Ibu Siti di Bandar Lampung(. Skripsi. Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License