PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DIVIDEN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS KOMPAS 100

Tanta Kuswanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris Leverage, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Kompas 100. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 (tiga) tahun, yaitu mulai dari tahun 2012-2015. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 perusahaan yang sudah dan masih terdaftar di Indeks Kompas 100 periode 2012-2015. Teknik pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling, dan diperoleh 20 perusahaan yang digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa: secara parsial (1) Leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen (2) Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kebijakan Dividen (3) Ukuran Perusahaan tidak berpengaruh terhadap Kebijakan Dividen. Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 22,1% sedangkan sisanya sebesar 77,9 % dijelaskan oleh variabel lain diluar model penelitian.

Full Text:

PDF

References


Akhadiyah, Widya. (2015). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Growth Terhadap Kebijakan Inisiasi Dividen (Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Tesis. Universitas Negeri Yogyakarta

Ang, Robert. (1997). Buku Pintar: Pasar Modal Indonesia (The Intellegent Guide to Indonesian Capital Market. Jakarta: Mediasoft Indonesia.

Arilaha, Muhammad A. (2009). Pengaruh Free Cash Flow, Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Keuangan dan Perbankan. Vol. 13 No. 1, hal. 78-87.

Brealey, Myers dan Marcus. (2008). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga.

Brigham dan Houston. (2006). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.

Chasanah, Amalia Nur. (2008). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio (DPR) pada Perusahaan yang Listed di Bursa Efek Indonesia. Tesis. Universitas Diponegoro.

Gunawan, Kadek Hendra Gunawan dan I Made Sukartha. (2013). Kinerja

Pasar dan Kinerja Keuangan Sesudah Merger dan Akuisisi di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi. Universitas Udayana

Handayani, D.R. dan Hadinugroho, B. (2009). Analisis Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kebijakan Hutang, ROA, Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen. Jurnal Fokus Manajerial. Vol.7, No.1, 64-71.

Hardianto, Bram dan Herlina. (2010). Prediksi Arus Kas Bebas, Kebijakan Utang, dan Profitabilitas terhadap Kemungkinan Dibayarkanya Dividen. Jurnal Manajemen Bisnis. No 1. Volume 3

Karami, Lalu Candra. (2013). The Influence Of Liquidity and Leverage on Dividend Policy (Empirical Study on Listed Companies in Indonesia Stock Exchange of LQ45 in 2008-2010). Jurnal Ilmiah. Universitas Brawijaya. Vol.1 No.1.

Munawir, Slamet. (2001). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

_____________ . (2002). Analisa Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty

Parica, Roni. (2013). Pengaruh Laba Bersih, Arus Kas Operasi, Likuiditas, dan Profitabilitas terhadap Kebijakan Dividen pada Perusahaan Automotive and Allied Product yang Terdaftar di BEI. Jurnal Akuntansi. Universitas Riau Vol.2 No.1.

Petronila dan Muklasin. (2003). Pengaruh Profitabilitas Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Pelaporan Keuangan dengan Opini Audit Sebagai Moderating Variabel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis PP. 17-26.

Sandy, Ahmad dan Fadjrih Nur Asyik. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Likuiditas Terhadap Kebijakan Dividen Kas pada Perusahaan Otomotif. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi. Vol. 1, No. 1, 58-76.

Sawir, Agnes. (2009). Analisa Kinerja Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Suciptayasa, I Gede Ari. (2013). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Modal. Diakses pada tanggal 6 April 2016 pukul 13.05 WIB dari http://igedearisuciptayasa.blogspot.com

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Sulhan, Muhammad dan Tria Wijayanti. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Likuiditas terhadap Kebijakan Dividen dengan Good Corporate Governance (GCG) sebagai Variavel Interventing. Jurnal Manajemen Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sulistiyowati, Indah., Ratna Anggraini dan Tri Hesti Utaminingtyas. (2010). Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Growth terhadap Kebijakan Dividen dengan Good Corporate Governance sebagai Variabel Intervening. Jurnal Simposium Nasional Akuntansi (SNA) XIII.

Sunarko dan Andi Kartika. (2003). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Dividen Kas di Bursa Efek Jakarta. Jurnal Bisnis dan Ekonomi. Vol.10, No.1




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v13i2.25528

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats