ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEPUASAN DAN KEPENTINGAN MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.21831/jim.v13i2.25526Keywords:
efektivitas kinerja lembaga pendidikan, perspektif kepuasan, kepentingan mahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kinerja lembaga pendidikan dalam perspektif kepuasan dan kepentingan mahasiswa. Kinerja lembaga pendidikan diukur dengan menggunakan unsur-unsur penentu kualitas jasa yang dikembangkan oleh Michael Porter. Kelima unsur penentu kualitas jasa ini adalah realibility, responsivness, confidence, empaty dan tangible. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa UNY. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan rata-rata 25 responden setiap fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 2, 6, 7, 8, 9, 22, 23, 24 berada pada kuadran A dalam diagram kartesius. Kuadran A merupakan faktor-faktor menjadi prioritas utama dan harus dilaksanakan sesuai harapan mahasiswa. Di kuadran B adalah indikator 1,10, 13,15, 17 dan 21. Faktor-faktor ini perlu dipertahankan pelaksanaanya karena sudah sesuai dengan harapan mahasiswa. Di kuadran C adalah indikator 3 dan 21. Kuadran C menunjukkan bahwa unsur-unsur yan dianggap kurang penting oleh mahasiswa dan sebaiknya lembaga menjalankannya secara sedang saja. Sedangkan kuadran D menunjukkan bahwa unsur-unsur jasa yang dianggap kurang penting, tetapi telah dijalankan sangat baik oleh pihak lembaga. Indikator yang masuk dalam kuadran D ini adalah 4, 5, 11, 14, 16, 18, 19, 20.References
Martilla dan John C. James. 1977. Importance Performance Analysis. Journal of Marketing.
Philip Kotler. 1994. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Edisi Kelima 1989.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, J., 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the journal "Jurnal Ilmu Manajemen (JIM)" agrees to the following terms:
Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgement of its initial publication in this journal.
Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
All materials in this site are protected by the law. It is prohibited to quote a part of or all of this website contents for commercial purposes without the permission or consent of the editors.
If anyone finds one article or more in this journal violate or potentially violate one's copyrights, please report to us through e-mail of Principle Contact.
Legal-formal aspects of accessing any information and manuscript in this journal website refer to the provision of license Creative Commons Attribution-Share Alike (CC BY-SA). Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.
All information available in 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is academic in nature. 'Jurnal Ilmu Ekonomi (JIM)' is not responsible for loss due to the abuse of information in the website.