ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEPUASAN DAN KEPENTINGAN MAHASISWA

Main Article Content

Naning Margasari
Musaroh Musaroh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kinerja lembaga pendidikan dalam perspektif kepuasan dan kepentingan mahasiswa. Kinerja lembaga pendidikan diukur dengan menggunakan unsur-unsur penentu kualitas jasa yang dikembangkan oleh Michael Porter. Kelima unsur penentu kualitas jasa ini adalah realibility, responsivness, confidence, empaty dan tangible. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa UNY. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan rata-rata 25 responden setiap fakultas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator 2, 6, 7, 8, 9, 22, 23, 24 berada pada kuadran A dalam diagram kartesius. Kuadran A merupakan faktor-faktor menjadi prioritas utama dan harus dilaksanakan sesuai harapan mahasiswa. Di kuadran B adalah indikator 1,10, 13,15, 17 dan 21. Faktor-faktor ini perlu dipertahankan pelaksanaanya karena sudah sesuai dengan harapan mahasiswa. Di kuadran C adalah indikator 3 dan 21. Kuadran C menunjukkan bahwa unsur-unsur yan dianggap kurang penting oleh mahasiswa dan sebaiknya lembaga menjalankannya secara sedang saja. Sedangkan kuadran D menunjukkan bahwa unsur-unsur jasa yang dianggap kurang penting, tetapi telah dijalankan sangat baik oleh pihak lembaga. Indikator yang masuk dalam kuadran D ini adalah 4, 5, 11, 14, 16, 18, 19, 20.

Article Details

How to Cite
Margasari, N., & Musaroh, M. (2019). ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS KINERJA LEMBAGA PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF KEPUASAN DAN KEPENTINGAN MAHASISWA. JURNAL ILMU MANAJEMEN, 13(2), 129–136. https://doi.org/10.21831/jim.v13i2.25526
Section
Articles

References

Martilla dan John C. James. 1977. Importance Performance Analysis. Journal of Marketing.

Philip Kotler. 1994. Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan dan Pengendalian. Edisi Kelima 1989.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, J., 1997. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Rineka Cipta.