PENGARUH MOTIVASI BELAJAR INTRINSIK DAN PENGATURAN BELAJAR INDIVIDU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK

Arum Darmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar intrinsic dan pengaturan belajar individu terhadap prestasi akademik mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan mengambil sampel mahasiswa Manajemen FE UNY. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan analisis datanya menggunakan analisis regresi berganda Penelitian ini menemukan bahwa motivasi belajar intrinsik dan pengaturan belajar individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik.


Keywords


motivasi belajar intrinsik; pengaturan belajar individu; prestasi akademik

Full Text:

PDF PDF

References


Corno, L. &Rohrkemper, M (1985), The intrinsic motivation to learn in classrooms, Research on motivation, vol 2, pp 53-90

Ghozali, I (2011), Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19, Edisi 5, Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair, J.E. Jr. R. E., Anderson, R. L. Tatham& W. C. Black, 1998. Multivariate Data Analysis, Prentice-Hall International. Inc., New Jersey

Jalal, F. (2009), Sarjana Menganggur di Indonesia Hampir Sejuta, www.tempointeraktif.com

Nurhayati (2004), Hubungan Antara Motivasi Belajar, Sikap Mahasiswa Terhadap MataKuliah Ilmu Kebidanan dan Kemampuan Menggunakan Kit Kebidanan Dengan Hasil Beajar Mata Kuliah llmuKebidanan Mahasiswa Semester IVPoliteknik Kesehatan Jurusan KeperawatanTanjungkarang Tahun 2003/2004, Thesis, tidak dipublikasikan

Paris, S.G., Lipson, M.Y., & Wixson, K (1983), Becoming a strategic reader, Contemporary Educational Psycology, 8, pp 293-316

Pintrich, P.R & Groot, E.V. (1990), Motivational and Self-Regulated Learning Components of Classroom Academic Performance, Journal of Educational Psycology, vol 82, No. 1, 33-40

Pujadi, A. (2007), Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi, Universitas Bunda Mulia, Bussiness & Management Journal Bunda Mulia, Vol 3 No 2, September 2007

Resnani (2004), Hubungan Antara Kebutuhan untuk FKIP FISIP UNTB Tahun 2003/2004, Jurnal Penelitian UNTB, hal 114-118

Robbins, S. & Judge, T. (2007), Organizational Behavior, Prentice Hall, 12th edition

Sekaran, U (2003), Reseach Methods for Bussiness: a Skill Building Approach, John Wiley and Sons, New York

UNY. (2014). Informasi Universitas Negeri Yogyakarta. Diambil dari www.pdpt.uny.ac.id

Winkel, WS (2004), Psikologi Pengajaran, PT. Grasindo, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v13i2.25521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

View My Stats