EVALUASI PROGRAM BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK) DI SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.7625Keywords:
evaluasi, manajemen, BSE, Buku Sekolah ElektronikAbstract
Penelitian ini bertujuan: (1) untuk menjelaskan pencapaian implementasi manajemen BSE (Buku Sekolah Elektronik) di SMP Negeri Kota Yogyakarta, dan (2) menjelaskan pencapaian tujuan program BSE (Buku Sekolah Elektronik) di SMP Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen BSE (1) aspek perencanaan BSE termasuk dalam kategori "sangat efektif"; (2) aspek pengadaan BSE termasuk dalam kategori "sangat efektif"; (3) aspek inventarisasi BSE termasuk dalam kategori "efektif"; (4) aspek penyimpanan BSE termasuk dalam kategori "efektif"; (5) aspek penggunaan BSE termasuk dalam kategori "sangat efektif"; (6) aspek pemeliharaan BSE termasuk dalam kategori "sangat efektif"; (7) aspek penghapusan BSE termasuk dalam kategori "efektif". Pencapaian tujuan program BSE menunjukkan: (1) aspek menyediakan sumber belajar alternatif, ditinjau dari sisi guru termasuk dalam kategori "efektif" dan dari sisi siswa termasuk dalam kategori "cukup"; (2) aspek menstimulus siswa untuk berpikir kreatif dengan bantuan TIK (teknologi, infomasi, dan komunikasi), ditinjau dari sisi guru termasuk dalam kategori "efektif" dan dari siswa termasuk dalam kategori "efektif"; (3) aspek mematuhi regulasi pemerintah, ditinjau dari sisi guru termasuk dalam kategori "kurang" dan dari sisi siswa termasuk dalam kategori "kurang".Downloads
Published
2016-04-29
How to Cite
suharyadi, A., & Jabar, C. S. A. (2016). EVALUASI PROGRAM BSE (BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK) DI SMP NEGERI KOTA YOGYAKARTA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.21831/amp.v4i1.7625
Issue
Section
Articles
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.