Manajemen sistem informasi e-budgeting pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Yogyakarta

Aan Yudha Nugraha, Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Udik Budi Wibowo, Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mendeskripsikan mengenai manajemen sistem informasi (SI) e-budgeting di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) di Kota Yogyakarta; dan 2.) Menganalisis keunggulan dan hambatan dalam manajemen SI e-budgeting di SMAN di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SMAN di wilayah Kota Yogyakarta. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, bendahara dan admin e-budgeting. Penelitian juga dilakukan pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Balai Pendidikan Menengah Kota Yogyakarta, dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model analisis data Creswell. Teknik keabsahan data penelitian menggunakan teknik triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan sistem e-budgeting baru diterapkan pada jenjang SMAN sederajat. Perencanaan mengikuti pola penyusunan RKAS. Pengorganisasian meliputi pengerahan staf dan adanya pelatihan. Sistem ini berfungsi untuk mengelola dana BOS dan APBD. Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan dinas terkait. Terdapat keunggulan dan hambatan dalam implementasi e-budgeting. E-budgeting berperan dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pembiayaan pendidikan.

 

Abstract

This study aims to: 1.) Describe the management of information systems (IS) e-budgeting at State High Schools (SMAN) in Yogyakarta City; and 2.) Analyze the advantages and obstacles in the management of SI e-budgeting at SMAN in Yogyakarta City. This research is a qualitative study with a case study type. This research was conducted at SMAN in the Yogyakarta City area. Research subjects include the principal, treasurer, and admin e-budgeting. The research was also conducted at the Youth and Sports Education Office, Yogyakarta City Secondary Education Center, and the Yogyakarta City Education Office. Data collected through interview techniques, observation, and study of documents. Data analysis uses Creswell's data analysis model. The validity of the research data using triangulation techniques and using reference materials. The results showed that the new e-budgeting system was applied at the same level of high school. Planning follows the RKAS preparation pattern. Organizing includes staff deployment and training. This system functions to manage BOS and APBD funds. Supervision is carried out by principals and related agencies. There are advantages and obstacles in implementing e-budgeting. E-budgeting plays a role in increasing transparency and accountability in education funding.


Keywords


Manajemen; pembiayaan pendidikan; sistem informasi; e-budgeting; management; education funding; information systems

Full Text:

PDF

References


Ameen, A. B., & Ahmad, K. (2013). A conceptual framework of financial information systems to reduce corruption. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 54(1), 59-72. Retrieved from http://www.jatit.org/volumes/Vol54No1/9Vol54No1.pdf

Arwildayanto, A., Nina, L., & Warni, T. S. (2017). Manajemen Keuangan dan pembiayaan pendidikan. Bandung: Widya Padjajaran.

Anoraga, P. (2009). Manajemen bisnis. Jakarta: Rineka Cipta.

Babaei, M., & Beikzad, J. (2013). Management information system, challenges and solutions. European Online Journal of Natural and Social Sciences, 2(3), 374-381. Retrieved from http://european-science.com/eojnss_proc/article/view/3705/1427

Creswell, J. W. (2015). Penelitian kualitatif & desain Riset: Memilih di antara lima pendekatan (3rd ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Davis, G. B. (1995). Kerangka dasar sistem informasi manajemen. Jakarta: Gramedia.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2015). Panduan pengembangan rencana kerja sekolah (RKS) dan rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS).

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Republik Indonesia. (2010). Juknis penyusunan rencana kerja sekolah.

Earthman, G, I. (2009). Planning educational facilities: What educators need to know. Maryland: Rowman & Littlefield Education.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta. (2017). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 72 Tahun 2017 tentang Standar Harga Barang dan Jasa Daerah.

Kementerian Pendidikan Republik Indonesia. (2007). Peraturan Kementrian Pendidikan Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Khoirunnisak, R., Arishanti, D., & Vebrianti, D. D. (2018). Penerapan e-budgeting Pemerintah Kota Surabaya dalam mencapai good governance. UNEJ e-Proceeding, 249-256. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/prosiding/article/view/6715

Lunenburg F. C., & Ornstein, A. C. (2000). Educational administration: Concepts and practice. London: Thomas Learning Berkshire House.

Matin, M. (2014). Manajemen pembiayaan pendidikan konsep dan aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Miles B. M., & Huberman A., M. (1992). Analisis data kualitatif. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasori, N. H. (2019). Kemandirian sekolah dalam pengelolaan pembiayaan di SD Muhammadiyah Wirobrajan 1 Yogyakarta. Seminar Nasional Pendidikan dan Call for Papers (SNDIK) I 2019. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11189

Pemerintah Kota Surabaya. (2017). Sistem informasi e-budgeting. Retrieved from https://ebudgeting.surabaya.go.id/new_portal/

Sendhikasari, D. (2016). Pengalihan kewenangan manajemen pendidikan menengah dari kabupaten/kota ke provinsi. Info Singkat, April. Pusat Penelitian Badan Keahlian DPR RI. Retrieved from http://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-VIII-7-I-P3DI-April-2016-38.pdf

Sugiyono, S. (2011). Metode penelitian pendidikan: Kuatitatif, kualitatif, PTK, R&D. Surakarta: Fairuz.

Qadriyanti, N. L. (2013). Pengaruh partisipasi penyusunan anggaran dan akuntansi. Ilmu & Riset Akuntansi, 2(11).

Setyawan, S., Priyono, N., & Iswanaji, C. (2017). Development model of e-budgeting and e-reporting on the management of village fund finance. Jurnal Dinamika Akuntansi, 9(1), 92-99. doi:https://doi.org/10.15294/jda.v9i1.12000

Terry, G., & Rue, L. W. (2010). Dasar-dasar manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Umar, H. (2005). Riset sumber daya manusia dalam organisasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yin, R. K. (2010). Studi kasus: Desain dan metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Zarnelly, Z. (2017). Sistem informasi e-budgeting menggunakan pendekatan berorientasi objek (Studi kasus: UIN SUSKA Riau). Jurnal Ilmiah Rekayasa & Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 70-77. doi:http://dx.doi.org/10.24014/rmsi.v3i1.3449




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v8i1.30596

Refbacks





Copyright (c) 2020 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats