Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember
Rizka Amalia Febriyanti, Universitas Jember, Indonesia
Sunardi Sunardi, Universitas Jember, Indonesia
Titik Sugiarti, Universitas Jember, Indonesia
Mutrofin Mutrofin, Universitas Jember, Indonesia
Abstract
Tujuan penelitan ini adalah untuk menggali etnomatematika pada bangunan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember yang kemudian digunakan sebagai bahan untuk membuat paket tes matematika bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu tiga observer dan dua narasumber yakni pengurus Yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember. Satu orang merupakan ketua pengurus yang paham tentang sejarah Masjid Jami’ Al-Baitul Amien dan satu orang merupakan satu-satunya pengurus yang mengikuti masa pembangunan sehingga mengerti terhadap struktur bangunan masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian-bagian bangunan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember terdapat konsep-konsep matematika. Bagian-bagian bangunan yang dimaksud yaitu kubah masjid, tiang penyangga masjid, lantai dua, dinding pancuran Ruang Wudlu, dan menara masjid. Konsep-konsep matematika yang muncul adalah bangun datar, bangun ruang, kekongruenan, dan refleksi.
Ethnomathematics exploration at the Jami 'Al-Baitul Amien Jember MosqueAbstract
The purpose of this research is to explore ethnomathematics at the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque building which is then used as material to design mathematics test packages for students. This research was a qualitative study with an ethnographic approach. The data collection methods used were observations and interviews. The research subjects were three observers and two resource persons, namely the management of the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque Foundation. One person is the chairman of the committee who understands the history of the Jami 'Al-Baitul Amien Mosque and one person is the only administrator who followed the construction period so that he understands the structure of the mosque building. The results show that the parts of the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque have mathematical concepts. The building parts meant are the dome of the mosque, the pillars of the mosque, the second floor, the shower wall of the Wudlu Room, and the mosque tower. Mathematical concepts that emerge are 2D shapes, 3D shapes, congruence, and reflection.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprillianti, I., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika pada aktivitas petani kakao desa temuasri sempu banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Saintifika : Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA Dan MIPA, 21(1), 1–8. https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i1.9715
Bakhrodin, B., Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi etnomatematika pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921
Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(2), 79–85. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/md/view/670/pendekatan-matematika-realistik-(pmr)-untuk-meningkatkan-kemampuan-berfikir-siswa-di-tingkat-sekolah-dasar.html
Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan Lembar Kerja Siswa Materi Geometri Transformasi. KADIKMA, 9(3), 148–159. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.11066
MacDonald, S. M., Rapalino, O., Sherry, N. A., Cohen, A. B., Ebb, D. H., Tarbell, N. J., & Oakley, D. H. (2016). Case 32-2016. A 20-Year-Old Man with Gynecomastia. The New England Journal of Medicine, 375(16), 1567–1579. https://doi.org/10.1056/NEJMcpc1610098
Marli, Z. A. (2017). Transformasi paradigma manajeman keilmuan sekolah dasar menuju pendidikan dasar Islam. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(2), 553–565. https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3101
Mauluah, L., & Marsigit, M. (2019). Ethnomathematics for elementary student: Exploration the learning resources at kraton Yogyakarta. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 776–780. Retrieved from http://www.ijstr.org/final-print/july2019/Ethnomathematics-For-Elementary-Student-Exploration-The-Learning-Resources-At-Kraton-Yogyakarta.pdf
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PA10&dq=Qualitative+data+analysis+Miles&ots=kFTH2HVZ1T&sig=ctEW_Fy8_VcHJaSI16_m2hLHAKA&redir_esc=y#v=onepage&q=Qualitative data analysis Miles&f=false
Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal dalam pembelajaran geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10–22. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p
Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.274
Rohayati, S., Karno, K., & Chomariyah, W. I. (2017). Identifikasi etnomatematika Pada Masjid Agung di Yogyakarta. Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematika, 1–8. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/8751
Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4
Son, A. L. (2017). Study ethnomatematics: Pengungkapan konsep matematika dan karakter siswa pada permainan kelereng masyarakat Suku Dawan. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 100–110.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (17th ed.). Bandung: Alfabeta.
Sunardi, S., & Yudianto, E. (2016). Antisipasi siswa level analisis dalam menyelesaikan masalah geometri. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(2), 203–216. https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4776
Sunardi, S., Yudianto, E., Susanto, S., Kurniati, D., Cahyo, R. D., & Subanji, S. (2019). Anxiety of students in visualization, analysis, and informal deduction levels to solve geometry problems. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(4), 171–185. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.4.10
Yudianto, E. (2015). Profil antisipasi siswa SMA dalam memecahkan masalah integral. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 21–25. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4472
Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124
DOI: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Ethnomathematics Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ethnomathematics Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |