Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember

Erfan Yudianto, Universitas Jember, Indonesia
Rizka Amalia Febriyanti, Universitas Jember, Indonesia
Sunardi Sunardi, Universitas Jember, Indonesia
Titik Sugiarti, Universitas Jember, Indonesia
Mutrofin Mutrofin, Universitas Jember, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitan ini adalah untuk menggali etnomatematika pada bangunan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember yang kemudian digunakan sebagai bahan untuk membuat paket tes matematika bagi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Subjek penelitian yaitu tiga observer dan dua narasumber yakni pengurus Yayasan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember.  Satu orang merupakan ketua pengurus yang paham tentang sejarah Masjid Jami’ Al-Baitul Amien dan satu orang merupakan satu-satunya pengurus yang mengikuti masa pembangunan sehingga mengerti terhadap struktur bangunan masjid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada bagian-bagian  bangunan Masjid Jami’ Al-Baitul Amien Jember terdapat konsep-konsep matematika. Bagian-bagian bangunan yang dimaksud yaitu kubah masjid, tiang penyangga masjid, lantai dua, dinding pancuran Ruang Wudlu, dan menara masjid. Konsep-konsep matematika yang muncul adalah bangun datar, bangun ruang, kekongruenan, dan refleksi.

Ethnomathematics exploration at the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque

Abstract

The purpose of this research is to explore ethnomathematics at the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque building which is then used as material to design mathematics test packages for students. This research was a qualitative study with an ethnographic approach. The data collection methods used were observations and interviews. The research subjects were three observers and two resource persons, namely the management of the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque Foundation. One person is the chairman of the committee who understands the history of the Jami 'Al-Baitul Amien Mosque and one person is the only administrator who followed the construction period so that he understands the structure of the mosque building. The results show that the parts of the Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque have mathematical concepts. The building parts meant are the dome of the mosque, the pillars of the mosque, the second floor, the shower wall of the Wudlu Room, and the mosque tower. Mathematical concepts that emerge are 2D shapes, 3D shapes, congruence, and reflection.


Keywords


etnomatematika; Masjid Jami 'Al-Baitul Amien Jember; paket tes matematika; ethnomathematics; Jami 'Al-Baitul Amien Jember Mosque; mathematics test package

Full Text:

PDF

References


Aprillianti, I., Sunardi, S., & Yudianto, E. (2019). Etnomatematika pada aktivitas petani kakao desa temuasri sempu banyuwangi sebagai bahan ajar siswa. Saintifika : Jurnal Ilmu Pendidikan MIPA Dan MIPA, 21(1), 1–8. https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i1.9715

Bakhrodin, B., Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi etnomatematika pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 7(2), 113–124. https://doi.org/10.25139/smj.v7i2.1921

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk meningkatkan kemampuan berfikir siswa di tingkat sekolah dasar. METODIK DIDAKTIK: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 2(2), 79–85. Retrieved from http://jurnal.upi.edu/md/view/670/pendekatan-matematika-realistik-(pmr)-untuk-meningkatkan-kemampuan-berfikir-siswa-di-tingkat-sekolah-dasar.html

Khofifah, L., Sugiarti, T., & Setiawan, T. B. (2018). Etnomatematika karya seni batik khas Suku Osing Banyuwangi sebagai bahan Lembar Kerja Siswa Materi Geometri Transformasi. KADIKMA, 9(3), 148–159. https://doi.org/10.19184/kdma.v9i3.11066

MacDonald, S. M., Rapalino, O., Sherry, N. A., Cohen, A. B., Ebb, D. H., Tarbell, N. J., & Oakley, D. H. (2016). Case 32-2016. A 20-Year-Old Man with Gynecomastia. The New England Journal of Medicine, 375(16), 1567–1579. https://doi.org/10.1056/NEJMcpc1610098

Marli, Z. A. (2017). Transformasi paradigma manajeman keilmuan sekolah dasar menuju pendidikan dasar Islam. Fikrotuna: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 6(2), 553–565. https://doi.org/10.32806/jf.v6i2.3101

Mauluah, L., & Marsigit, M. (2019). Ethnomathematics for elementary student: Exploration the learning resources at kraton Yogyakarta. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(7), 776–780. Retrieved from http://www.ijstr.org/final-print/july2019/Ethnomathematics-For-Elementary-Student-Exploration-The-Learning-Resources-At-Kraton-Yogyakarta.pdf

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Retrieved from https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=U4lU_-wJ5QEC&oi=fnd&pg=PA10&dq=Qualitative+data+analysis+Miles&ots=kFTH2HVZ1T&sig=ctEW_Fy8_VcHJaSI16_m2hLHAKA&redir_esc=y#v=onepage&q=Qualitative data analysis Miles&f=false

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal dalam pembelajaran geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10–22. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22

Putri, L. I. (2017). Eksplorasi etnomatematika kesenian rebana sebagai sumber belajar matematika pada jenjang MI. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(1), 21–31. https://doi.org/10.30659/pendas.4.1.%25p

Rohaeti, E. E. (2011). Transformasi budaya melalui pembelajaran matematika bermakna di sekolah. Jurnal Pengajaran MIPA, 16(1), 139. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.274

Rohayati, S., Karno, K., & Chomariyah, W. I. (2017). Identifikasi etnomatematika Pada Masjid Agung di Yogyakarta. Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, Dan Olimpiade Matematika, 1–8. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/8751

Sirate, F. S. (2012). Implementasi etnomatematika dalam pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan sekolah dasar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 41–54. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a4

Son, A. L. (2017). Study ethnomatematics: Pengungkapan konsep matematika dan karakter siswa pada permainan kelereng masyarakat Suku Dawan. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 100–110.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D (17th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sunardi, S., & Yudianto, E. (2016). Antisipasi siswa level analisis dalam menyelesaikan masalah geometri. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 5(2), 203–216. https://doi.org/10.12928/admathedu.v5i2.4776

Sunardi, S., Yudianto, E., Susanto, S., Kurniati, D., Cahyo, R. D., & Subanji, S. (2019). Anxiety of students in visualization, analysis, and informal deduction levels to solve geometry problems. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 18(4), 171–185. https://doi.org/10.26803/ijlter.18.4.10

Yudianto, E. (2015). Profil antisipasi siswa SMA dalam memecahkan masalah integral. Kreano : Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 21–25. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4472

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik Madura. Sigma, 2(2), 35–40. https://doi.org/10.0324/sigma.v2i2.124




DOI: https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ethnomathematics Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 


Printed ISSN (p-ISSN): 2798-9755 | Online ISSN (e-ISSN): 2776-3676

Creative Commons LicenseEthnomathematics Journal by https://journal.uny.ac.id/index.php/ethnomath/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Visitor Statistics