Mengintegrasikan Nilai Kesetaraan Gender melalui Komik

Inovasi Media Pembelajaran di SMA Ignatius Global School

Authors

  • Khairunnisak Khairunnisak SMA Igntaius Global School Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Rosella Arylia Tiara Simanjuntak Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Graceshyela Valent Jurusan Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Trisakti , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/dimensia.v14i2.82837

Keywords:

gender, gender equality, gender comics

Abstract

Budaya patriarki yang mengakar dalam masyarakat masih menjadi penyebab utama ketidakadilan gender. Upaya menumbuhkan kesadaran akan kesetaraan gender di kalangan remaja memerlukan pendekatan edukatif yang kontekstual dan menarik, salah satunya melalui literasi berbasis media visual. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan Komik Gender sebagai media pembelajaran literasi kesetaraan gender bagi peserta didik SMA Ignatius Global School Palembang. Penelitian menggunakan metode research and development dengan model ADDIE pada tiga tahap awal: analisis, desain, dan pengembangan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI dan XII yang dipilih secara purposive. Instrumen yang digunakan meliputi angket analisis kebutuhan dan angket kelayakan. Komik yang dikembangkan kemudian diunggah ke platform daring untuk aksesibilitas yang lebih luas. Hasil uji menunjukkan bahwa komik dinilai layak oleh ahli materi dan sangat layak oleh ahli media. Temuan ini menunjukkan bahwa Komik Gender efektif sebagai media untuk meningkatkan kesadaran kesetaraan gender di kalangan pelajar.

Patriarchal culture remains a key factor contributing to gender inequality in society. Efforts to raise gender equality awareness among adolescents require engaging and contextually relevant educational approaches, including visual literacy media. This study aims to develop and evaluate the feasibility of Gender Comics as an educational tool for promoting gender equality literacy among students at Ignatius Global School Palembang. The study employed a research and development method using the ADDIE model at the initial three stages: analysis, design, and development. The research subjects were 11th and 12th-grade students selected through purposive sampling. Data collection instruments included a needs analysis questionnaire and a feasibility assessment. The developed comic was uploaded to a digital platform for wider accessibility. The results showed that the comic was rated feasible by a content expert and highly feasible by media experts. These findings suggest that Gender Comics is effective in fostering gender equality awareness among high school students.

Published

2025-07-01

How to Cite

Khairunnisak, K., Simanjuntak, R. A. T., & Valent, G. (2025). Mengintegrasikan Nilai Kesetaraan Gender melalui Komik: Inovasi Media Pembelajaran di SMA Ignatius Global School. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 14(2), 91–105. https://doi.org/10.21831/dimensia.v14i2.82837

Citation Check