MOTIVASI DAN HARAPAN MAHASISWA DIFABLE TERHADAP PENDIDIKAN INKLUSI DI UIN SUNAN KALIJAGA

 Muryanti Muryanti, Tri Mulyani

Abstract


Pendidikan inklusi memberikan harapan bagi kelompok difable untuk mendapatkan pendidikan yang sama dengan warga negara lain. Dengan bekal pendidikan tersebut diharapkan mereka mendapatkan kesempatan yang sama dalam memperoleh pekerjaan demi kesejahteraan untuk kelangsungan hidupnya. Tulisan ini hendak mengkaji bagaimana motivasi dan harapan yang dimiliki oleh para difable terhadap pendidikan inklusi yang diselenggarakan oleh UIN Sunan Kalijaga. Metode penelitian kualitatif dengan penggalian data primer melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap mahasiswa difable. Data sekunder diperoleh dari beberapa dokumen yang dimiliki oleh PLD UIN dalam proses penyelenggaraan pendidikan inklusi tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi difabel, mayoritas sama dengan mahasiswa lain untuk mendapatkan pendidikan dan mencapai cita-cita sama dengan mahasiswa normal. Proses pembelajaran di UIN belum sesuai dengan keinginan mereka karena banyak kekurangan dari sarana dan prasarana, pendamping mahasiswa difabel dan dosen yang kurang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mendidik kelompok difabel. 

Kata Kunci: Pendidikan inklusi, mahasiswa difable, motivasi dan harapan.

Full Text:

DOWNLOAD PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 DIMENSIA



DIMENSIA is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: