PENGARUH TPACK TERHADAP MOTIVASI KEIKUTSERTAAN PELATIHAN PERSIAPAN KERJA BAGI MAHASISWA UNY

Nur Istifariyati, Pemerhati Masalah Pendidikan, Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan TPACK terhadap motivasi keikutsertaan pelatihan daring persiapan kerja bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Keikutsertaan disini adalah motivasi sebelum, pada saat, dan setelah mengikuti pelatihan daring persiapan kerja. Penelitian kuantitatif korelasional menggunakan metode survei. Responden penelitian berjumlah 100 sampel mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan menggunakan google form kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa pengetahuan TPACK berpengaruh terhadap motivasi keikutsertaan pelatihan daring persiapan kerja bagi mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Dengan pengaruh pengetahuan TPACK terhadap motivasi sebelum mengikuti pelatihan adalah sebesar 29.6% dan sisanya 70.4% dipengaruih oleh berbagai variabel lain yang tidak diuji pada penelitian ini. Pengaruh pengetahuan TPACK terhadap motivasi pada saat dan setelah mengikuti pelatihan adalah sebesar 45% dan sisanya 55% dipengaruhi oleh berbagai variabel lain yang tidak diuji pada penelitian ini.

Keywords


TPACK; Motivasi Mengikuti Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Agusra, Y.S. (2014). Hubungan Antara Orientasi Masa Depan dan Daya Juang terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik di Universitas Mulawarman. Psikoborneo, Vol, 2:133-140

Kusumawati, A.C. (2020). Pengembangan Marketplace Jasa UII Training Center Berbasis Mobile Platform Android. Thesis, Universitas Islam Indonesia.

Arbiyanto, U. F., Widiyanti, & Nurhadi, D. (2018). Kesiapan Technological, Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 1(2), 1–9.

Arikunto, S. (2006). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Binekas, B., & Larasari, A. Y. (2020). Faktor-Faktor,yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi,Universitas Jenderal,Achmad Yani Cimahi dalam Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak Bani Binekas. Portofolio: Jurnal Ekonomi, Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 17(1).

Colquitt, J. A., Lepine, J. A., & Noe, R. A. (2000). Toward an Integrative Theory of Training Motivation: A Meta-Analytic Path Analysis of 20 Years of Research. Journal of Applied Psychology, 85(5), 678–707.

Dafrizal, J. (2017). Mempersiapkan Mahasiswa Calon Guru Generasi Digital Native Dengan Teknologi. Jurnal Kajian Keislaman (Vol. 4, Issue 2).

Diah Baiti, R., Abdullah, S. M., & Rochwidowati, N. S. (2017). Career Self-Efficacy Dan Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. In Jurnal Psikologi Integratif Prodi Psikologi UIN Sunan Kalijaga (Vol. 5, Issue 2).

Dudung, A. (2018). Kompetensi Profesional Guru. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 5(1), 9–19.

Febriana, A. S. (2021). Persepsi Guru Terhadap Penyelenggaraan Program Belajar dari Rumah Selama Masa Pandemi Covid-19 di TK Se-Kecamatan Godean. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ferdiansah, M. F., Diana, N., & Afifudin. (2020). Pengaruh Minat dan Motivasi Mengikuti Pelatihan Brevet Pajak A dan B terhadap Pilihan Berkarir sebagai Akuntan Pajak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang). Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi, 09, 102–115.

Gafur, H. (2015). Mahasiswa & Dinamika Dunia Kampus. Bandung: Rasibook.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Glorianto, F. (2005). Analisis Pengaruh Motivasi Mengikuti Pelatihan dan Peran Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Orientasi Pembelajaran. Thesis master, Universitas Diponegoro.

Hadilinatih, B., irjanto, B., Nurhadi, & Effendi, C. (2019). Peluang dan Tantangan dalam Peningkatan Kompetensi Aparatur Pemerintahan Desa melalui Pelatihan Berbasis Online. In A. Rahmasari, N. Aruan, & S. H. Susanto (Eds.), Prosiding Temu Ilmiah Nasional BALITBANG Tahun 2019 “Percepatan Pengembangan Desa Mandiri” (pp. 269–281).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Jakarta: Hidayatul Quran.

Irdalisa. (2019). Pengembangan Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), KPS, Curiosity Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala. Thesis master, Universitas Negeri Yogyakarta.

Iswati, M. A. S. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Anak Hebat Indonesia.

Juariah. (2019). Pengaruh Soft Skill dan Motivasi Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa Ekonomi Syariah IAIN Bengkulu. Thesis, IAIN Bengkulu.

Julia, J., Subarjah, H., Maulana, M., Sujana, A., Isrokatun, I., Nugraha, D., & Rachmatin, D. (2020). Readiness and competence of new teachers for career as professional teachers in primary schools. European Journal of Educational Research, 9(2), 655–673.

KBBI Daring. (n.d.). KBBI. Retrieved April 24, 2022, from https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/daring

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record, 108(6), 1017–1054.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education, 9(1), 60–70.

Makki, B. I., Salleh, R., Memon, M. A., & Harun, H. (2015). The relationship between work readiness skills, career self-efficacy and career exploration among engineering graduates: A proposed framework. Research Journal of Applied Sciences, Engineering and Technology, 10(9), 1007–1011.

Muntaha. (2018). Pengetahuan Mahasiswa Mengenai Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31467.18727

Nastiti, R., Ramaraya Koroy, T., Rusvitawati, D., Krismanti, N., & Hermaniar, Y. (2021). PELATIHAN PERSIAPAN MENGHADAPI DUNIA KERJA BAGI MAHASISWA LULUSAN BARU. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1).

Noe, R. A. (2016). Employee Training and Development. New York: McGraw-Hill Education.

Nofiani, M., & Julianto, T. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Pembelajaran terhadap Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceeding Biology Education Conference, 15(1), 577–582.

Nugraha, F. (2020). Pendidikan dan Pelatihan. Jakarta: LITBANGDIKLAT PRESS.

Nugroho, Y. A. B. (2019). Pelatihan dan Pengembangan SDM. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Nurullaili, S. (2019). Fenomena Pengangguran Terdidik di Tengah Persaingan Dunia Kerja. Thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Nurussyifa, R., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Mata Diklat Produktif Akuntansi, Kompetensi Siswa, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan kerja Melalui Mediasi Efikasi Diri. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1), 164–177.

Undang-undang No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Pub. L. No. 12, BPK (2012).

Perdani, B. U. M., & Andayani, E. S. (2021). The Effect Of Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) On Become Teacher Readiness. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 19(2), 99–115.

Priyono. (2021). Analisis Regresi dan Korelasi Untuk Penelitian Survei. Bogor: Guepedia.

Pusparisa, Y. (2021, May 31). BPS: Sarjana yang Menganggur Hampir 1 Juta Orang pada Februari 2021. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/31/bps-sarjana-yang-menganggur-hampir-1-juta-orang-pada-februari-2021

Puspitadewi, D. Q. P. (2017). Motivasi Peserta dalam Mengikuti Program Pelatihan Menjahit Busana di Unit Pelaksana Teknis Loka Latihan Kerja Kabupaten Purworejo. Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Santos, J. M., & Castro, R. D. R. (2021). Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) in action: Application of learning in the classroom by pre-service teachers (PST). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100110.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trygu. (2021). Teori Motivas Abraham H.Maslow dan Implikasinya dalam belajar Matematika. Bogor: Guepedia.

Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Widana, I. W., & Muliani, P. L. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Lumajang: Klik Media.

Wiltshire, A. H. (2016). The meanings of work in a public work scheme in South Africa. International Journal of Sociology and Social Policy, 36(1–2), 2–17.

Yahman. (2020). Evaluasi Pelatihan Secara Daring Dalam Pembentukan Karakter Peserta Pelatihan. Jurnal Prajaiswara, 1(1), 91–133.




DOI: https://doi.org/10.21831/jwuny.v4i2.54521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah WUNY

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Supported by:

RJI Main logo 

Flag Counter

 View My Stats