Developing a character assessment instrument based on the school culture
Farida Agus Setiawati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alawiyah, F. (2012). Kebijakan dan pengembangan pembangunan karakter melalui pendidikan di Indonesia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 3(1), 87–101. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/259
Azwar, S. (2015). Metode penelitian. Pustaka Pelajar.
Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh sikap guru terhadap pengembangan karakter (peduli sosial) siswa di MI Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177
Garson, G. D. (2013). Factor analysis, path analysis, & SEM. https://faculty.chass.ncsu.edu/garson/pa765/kline.htm
Hair, J. F. (2010). Multivariate data analysis : A global perspective (7th ed.). Pearson Education.
Hasan, S. H., Wahab, A. A., Mulyana, Y., Hamka, M., Kurniawan, K., Anas, Z., Nurlaili, L., Listiyanti, M., Jarwadi, J., Chatarina, M., Waluyo, H., Wirantho, S. A., Paresti, S., & Ismail, A. B. (2010). Pengembangan pendidikan kebudayaan dan karakter bangsa: Pedoman sekolah. Pusat Kurikulum Kementerian Pendidikan Nasional.
Herpratiwi, H., Astuti, N., & Nurmalawati, N. (2017). Pengembangan instrumen arah nilai karakter peserta didik di sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Tahunan Himpunan Evaluasi Pendidikan Indonesia (HEPI) Ke-7, 208–220. http://repository.lppm.unila.ac.id/8802/
Huang, C.-H., Wang, T.-F., Tang, F.-I., Chen, I.-J., & Yu, S. (2017). Development and validation of a Quality of Life Scale for elementary school students. International Journal of Clinical and Health Psychology, 17(2), 180–191. https://doi.org/10.1016/j.ijchp.2017.01.001
Kawuryan, S. (2010). Pendidikan karakter di sekolah, masihkah menjadi tanggungjawab utama PKN? Dinamika Pendidikan, 17(1), 96–104. http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamikapendidikan/article/view/6291
Khairunnisa, A., Fakhruddin, F., & Irianti, M. (2013). Pengembangan instrumen penilaian karakter siswa SMP untuk mata pelajaran IPA Fisika. JSPUI, 1–6. https://repository.unri.ac.id/jspui/bitstream/123456789/1706/1/JURNAL AYU KHAIRUNNISA.pdf
Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013: Konsep & penerapan. Kata Pena.
Law No. 20 of 2003 concerning the National Education System, (2003).
Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Nuha Medika.
Marzuki, M. (2012). Pengintegrasian pendidikan karakter dalam pembelajaran di sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 33–44. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1450
Mayasari, D., Asnawi, A., Juliati, J., & Sukirno, S. (2019). Analisis penanaman nilai karakter toleransi melalui kearifan lokal masyarakat Aceh di SD Negeri 6 Langsa. Journal of Basic Education Studies, 2(1), 1–10. https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/1606/1417
Muhammad, H. (2015). Panduan penilaian untuk sekolah dasar. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mustakim, M., & Salman, S. (2019). Character building based on local culture (Case study on State Senior High School 4 Enrekang). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 22–30. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.133
Mustari, M. (2014). Nilai karakter refleksi untuk pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Raykov, T. (1997). Estimation of composite reliability for congeneric measures. Applied Psychological Measurement, 21(2), 173–184. https://doi.org/10.1177/01466216970212006
Retnasari, L., Hidayah, Y., & Prasetyo, D. (2021). Reinforcement of character education based on school culture to enhancing elementary school students’ citizenship character. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 351–358. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.38072
Samani, M. (2017). Konsep dan model pendidikan karakter. Remaja Rosdakarya.
Sukadari, S., Prihono, E. W., Syahruzah, J. K., Magiman, M. M., & Kassymova, G. K. (2020). Scoring instrument development of character education based on local culture for elementary school students. PalArch’s Journal of Archaeology of Egypt/Egyptology, 17(3), 275–290. https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/84
Suparto, S. (2019). Pengembangan instrumen penilaian sikap sosial siswa sekolah menengah pertama. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Yogyakarta.
Supinah, S., Parmi, I. T., Wardhani, S., & Astati, S. (2011). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa melalui pembelajaran matematika di SD (A. Waluyati (ed.)). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Pendidikan (PPPPTK) Matematika. https://repositori.kemdikbud.go.id/14894/1/17.PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER....pdf
Supraptiningrum, S., & Agustini, A. (2015). Membangun karakter siswa melalui budaya sekolah di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 219–228. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/8625
Sutijan, S., Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari, C. (2015). Pengembangan instrumen penilaian pendidikan karakter terpadu. Paedagogia, 18(2), 1–9. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paedagogia/article/view/7517
Wijanto, S. H. (2015). Metode penelitian menggunakan Structural Equation Modeling dengan Lisrel 9. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.21831/reid.v8i2.46802
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.