KORELASI HAMBATAN, PERSEPSI PEMBELAJARAN ONLINE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK TKR SMKN 1 MAGELANG

Fajar Restu Wardani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Ibnu Siswanto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah: (1) mengetahui hambatan yang dialami oleh peserta didik saat mengikuti pembelajaran online, (2) memperoleh gambaran mengenai persepsi dan motivasi belajar peserta didik saat mengikuti pembelajaran online pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Magelang, (3) mengetahui hubungan antara variabel persepsi pembelajaran online dan hambatan pelaksanaan pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov), uji liniearitas (uji F), dan uji hipotesis menggunakan rumus korelasi berganda. Untuk mengetahui seberapa besar sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan koefisiensi determinan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hambatan peserta didik dalam pembelajaran online termasuk dalam kategori sedang (61,33%) hambatan-hambatan tersebut berupa hambatan internal dan hambatan eksternal, (2) persepsi mayoritas peserta didik dalam kategori sedang (58,56%) dan motivasi belajar mayoritas peserta didik dalam kategori sedang (74,59%), (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel persepsi pembelajaran online dan hambatan pelaksanaan pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik (nilai r = 0,436). Sumbangan variabel persepsi pembelajaran online dan hambatan pelaksanaan pembelajaran online terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 19%.

Keywords


pembelajaran online, hambatan, persepsi, dan motivasi belajar.

Full Text:

PDF

References


Belawati, T. (2019). Pembelajaran Online, from https://www.researchgate.net/profile/Tian-Belawati/publication/338447611_Pembelajaran_Online/links/5ff3da98299bf14088701a78/Pembelajaran-Online.pdf

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. (2016). Pendidikan Sosial Budaya. Yogyakarta: UNY Press.

Erliana, H., Safrizal, S., Nuthihar, R., Luthfi, L., Wahdaniah, W., Jaya, I., & Herman, R. N. (2021). Perception of Vocational Students toward Online Learning during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 27(1), from DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v27i1.34283

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 165-175, from https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654

Hariyanti, D., Mun'im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11-21, from https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4

Khusna, A., Dyana, N. P., & Arif, L. (2020). Persepsi Siswa Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Prosiding Konferensi Nasional Administrasi Negara Sinagara 2020, from https://www.academia.edu/download/65138431/SINAGARA_compressed.pdf#page=93

Marliani, R. (2021). PERBANDINGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA DAN SAAT PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 DI SMK NEGERI 1 SUMEDANG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia), from http://repository.upi.edu/id/eprint/66608

Mustika, Juitaning. (2016). Psikologi Pendidikan. Lampung: STKIP Kumala Lampung.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019, February). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran daring dalam revolusi industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1) Retrieved from http://prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122/122

Prasetiya, B. (2017). Studi Korelasi Persepsi Kompetensi Profesionalisme Guru dan Lingkungan Sekolah dengan Motivasi Belajar PAI Kelas XI di SMA/SMK/MA se Kota Probolinggo. EDUKASI: Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 5(2), 148-170. Retrieved from https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/300

Purnomo, Halim. (2019). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M UMY.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi Peserta Didik terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703-712, from http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%25p

Saleh, Adnan Achiruddin. (2018). Pengantar Psikologi. Aksara Timur: Makassar.

Sugihartono, dkk. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Thahir, Andi. (2014). Psikologi Belajar. Bandar Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung,

Wangid, M. N. (2013). Identifikasi Hambatan Struktural Dan Kultural Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(2), from https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4794




DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v5i1.51813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats