Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa PTIK STKIP PGRI PONTIANAK

Authors

  • Muhamad Arpan IKIP PGRI Pontianak
  • Eko Marpanaji Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6392

Keywords:

hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa, motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, fasilitas laboratorium komputer

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran tentang dosen, mahasiswa, dan fasilitas laboratorium komputer di STKIP PGRI Pontianak; (2) pengaruh motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (3) pengaruh kreativitas dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (4) pengaruh kompetensi dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (5) pengaruh fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (6) pengaruh motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer termasuk dalam kategori baik; (2) motivasi mengajar dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2 =0,136; (3) kreativitas dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2=0,343; (4) kompetensi dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2 =0,258; (5) fasilitas laboratorium komputer berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2=0,179; dan (6) motivasi mengajardosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer secara bersamasama berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan R2=0,564.

Downloads

Published

2015-11-02

How to Cite

Arpan, M., & Marpanaji, E. (2015). Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa PTIK STKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 195–208. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6392

Issue

Section

Articles