Principles in Sasak Local Wisdom as Character Education Values for Children
Abdullah Muzakar, Universitas Hamzanwadi, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arzaki, J. (2001). Kearifan budaya suku bangsa Sasak dalam menciptakan kehidupan yang harmonis, dalam Nilai-nilai agama dan kearifan budaya lokal: Suku bangsa Sasak dalam pluralisme kehidupan bermasyarakat. Mataram: REDAM.
Asnawi. (2006). Agama dan Paradigma Sosial Masyarakat (Menyikap Pemahaman Masyarakat Sasak tentang Taqdir Allah dan Kematian Bayi) (Fahrurrozi, ed.). Jakarta: Sentra Media.
Fathurrahman, H. L. A. (2015). Kosmologi Sasak: Risalah Inen Paer. Mataram: Genius.
Habibuddin, & Zamroni. (2019). Nilai-nilai Kearifan Lokal Etnis Sasak pada Kehidupan di Sekolah dalam Perspektif Pendidikan Perdamaian. Universitas Negeri Yogyakarta.
Handayani, M. (2016). Peran Komunikasi Antarpribadi Dalam Keluarga Untuk Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 11(1), 57–64.
Howard, R. W., Berkowitz, M. W., & Schaeffer, E. F. (2004). Politics of Character Education. Educational Policy, 18(1), 188–215. https://doi.org/10.1177/0895904803260031
Ikhsanudin, A. (2018). Ada 504 Kasus Anak Menjadi Pelaku Pidana, KPAI Soroti Pengawasan Orangtua.
Irjanti, R., & Setiawati, A. (2018). Pengaruh Nilai-Nilai Karakter Terhadap Prestasi Belajar Di Sdit Salman Al Farisi. Pendidikan Karakter, VIII(I), 40–50.
Karimah, N. (2016). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Melalui Nilai-Nilai Budaya Jawa Di Desa Pengkok Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen Tahun 2016. Global Citizen, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Kominfo. (2014). Riset Kominfo dan UNICEF Mengenai Perilaku Anak dan Remaja Dalam Menggunakan Internet. Kominfo.
Kurniawan, M. I. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v4i1.71
Lickona, T. (2012). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsbility (J. A. Wamaungo, Ed.). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Mei-Ju, C., Chen-Hsin, Y., & Pin-Chen, H. (2014). The Beauty of Character Education on Preschool Children’s Parent-child Relationship. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 143, 527–533. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.431
Misriyah, S. (2015). Implementation and implication of reward and punishment toward character education at senior high school in Pemalang. Hikmatuna: Journal for Integrative Islamic Studies, 1(1), 67–98.
Musaddat, S. (2020). The Opportunities and Challenges of Teaching Sasak Language in Primary Schools in the Implementation of the 2013 Curriculum. Proceedings of the 1st Annual Conference on Education and Social Sciences, 465(ACCESS 2019), 310–313.
Ningsih, D. P., & Sukidjo. (2014). Pola Asuh Kaum Bangsawan Lalu-Baiq Dalam Membentuk Karakter Anak Di Desa Padamara Lombok Timur. Jurnal Harmoni Sosial, 1(2), 119–129.
Ramdan, A. Y., & Fauziah, P. Y. (2019). Peran orang tua dan guru dalam mengembangkan nilai-nilai karakter anak usia sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 100–111. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501
Sa’diyah, H. (2016). Peran Agama Islam dalam Perubahan Sosial Masyarakat. Islamuna, 3(2), 195–216.
Sabartiningsih, M., Muzakki, J. A., & Durtam, D. (2018). Implementasi Pemberian Reward Dan Punishment Dalam Membentuk Karakter Disiplin Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 60–77. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i1.2468
Setiana, D. S. (2020). The Role of Ethnomathematics in Welcoming the Society 5.0. Proceedings of the SEMANTIK Conference of Mathematics Education, 467(SEMANTIK 2019), 130–134.
Setiardi, D. (2017). Keluarga Sebagai Sumber Pendidikan Karakter Bagi Anak. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 14(2), 135–146. https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619
Spradley, J. P. (2006). Metode Etnografi (Kedua). Yogyakarta: Tiara Wacana.
Suharta, R. B., Septiarti, S. W., & Kusumawardani, E. (2020). School And Family Partnership : Informal Learning Context To Build Children Character. Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 189–198.
Suhra, S. (2019). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Budaya Masyarakat Bugis Bone. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, 11(1), 222. https://doi.org/10.30739/darussalam.v11i1.459
Supriyanto, A., & Wahyudi, A. (2017). Skala Karakter Toleransi: Konsep Dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan Dan Kesadaran Individu. Jurnal Ilmiah Counsellia, 7(2), 61–70. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1710
Syapruddin, H. L. (2009). Revitalisasi nilai-nilai budaya Sasak dalam pengamalan dan penegakannya. Seminar Nasional Di Universitas Mataram. Mataram: UNRAM Press.
Syarbini, A. (2016). Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga (Studi tentang Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga Perspektif Islam) (A. Safa, Ed.). Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Syarif, Z. (2014). Pendidikan Profektik dalam Membentuk Bangsa Religius. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 1–16.
Thontowi, Z. S., Syafii, A., Dardiri, A., Universitas, P., Yogyakarta, N., Pascasarjana, D., & Negeri, U. (2019). Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Qur’an Menjawab Urban Middle Class Milenial. Jurnal Pendidikan Islam, 08(01), 159–170. https://doi.org/https://10.30868/ei.v8i01.393
Wilian, S. (2006). Tingkat Tutur dalam Bahasa Sasak dan Bahasa Jawa. Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia, 8(1), 32–53. https://doi.org/10.17510/wjhi.v8i1.245
Zuchdi, D., Prasetya, Z. K., & Masruri, M. S. (2013). Model Pendidikan Karakter (Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah). Yogyakarta: CV. Multi Presindo.
DOI: https://doi.org/10.21831/jppm.v9i1.25334
Refbacks
Copyright (c) 2022 JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) indexed by:
JPPM (Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat) by http://journal.uny.ac.id/index.php/jppm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.