Pengembangan LKPD Berbasis Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Materi Tanah dan Kehidupan untuk meningkatkan Keterampilan Proses Peserta Didik SMP

Habibatul Unayah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Muhammad Rasyid, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Naffa Afkarina, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Sabar Nurohman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kepraktisan dan validitas LKPD yang didasarkan pada model pembelajaran kooperatif tipe tim yang dibantu individualisasi (TAI) pada materi tanah dan kehidupan. Model pengembangan 4D (Define, Design, Development, and Disseminate) digunakan untuk jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan design penelitian quasi-experimental design. Data dikumpulkan melalui penggunaan wawancara dengan satu guru IPA di SMP Ibnu Abbas, angket uji validitas kepada dua ahli, angket kepraktisan satu guru IPA di SMP Ibnu Abbas. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata persentase validasi ahli materi sebesar 87,29% dengan kriteria sangat layak; persentase validasi ahli media sebesar 90,25% dengan kriteria sangat valid; dan persentase praktisi guru IPA sebesar 92% dengan kategori sangat praktis. Hasil keterampilan proses peserta didik yang diambil dengan menggunakan instrumen melalui data pretest, hasil respon 34 peserta didik adalah sebagai berikut: skor terendah peserta didik sebelum pembelajaran menggunakan LKPD adalah 24, skor tertinggi peserta didik adalah 60, dan skor terendah peserta didik sesudah pembelajaran menggunakan LKPD adalah 68, dan skor tertinggi peserta didik adalah 92. Skor pretest rata-rata 36,6 dan skor posttest rata-rata 82,4 menunjukkan peningkatan. Peningkatannya 4,7 termasuk dalam kategori tinggi berdasarkan rata-rata peningkatan ternormalisasi sebesar 0,72.


Keywords


Keterampilan proses; LKPD; Team Assisted Individualization; Tanah

Full Text:

PDF

References


Agung, I. G., Wayan Subagia, I., & Suma, K. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Open Ended Problem untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Matematika, Sains Dan Pembelajarannya, 17(1), 37–49.

Adilah, J. (2022). Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Siswa SMP. PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS, 443–448. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa

Aidah (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Konduktor dan Isolator Panas pada Siswa Kelas VI MI Negeri 14 Blitar Kecamatan Wonodadi Kabupaten Blitar Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pembelajaran Dan Riset Pendidikan |, 228(3), 228–231. https://doi.org/10.28926/jprp.v3i3.1018

Bobby, D. (2010). Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas. Penerbit Kaifa.

Cahyaniputri, D. , S. H. , dan S. D. A. (2020). Validitas LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Tekanan Zat Cair. E-Jurnal Pendidikan Sains, 8(3), 241–147.

Dewi, B. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Keterampilan proses Materi Bangun Datar . Jurnal PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, 6(3), 249–259.

Dyah, W. S., Andini, D., Sylvia Dewi, P., & Lampung, U. (2022). Efektifitas LKPD IPAS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 81–88. https://doi.org/10.52217/lentera.v17i1.1437

Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245–252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426

Fazariyana, W. N., & Widodo, W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Team Assited Individualization (TAI) deign media AnimasiTerhadap hasil Belabor Siswa. Journal Of Comprehensive Science, 2(6), 1846–1858.

Gea, E. (2023). Penerapan Metode Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-IPA SMA Methodist Banda Aceh. Jurnal Sains Riset (JSR). 40-56

Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Woodland Hills, Dept. Of Physucs.

Herlina, S. A. (2017). Analisis Kemampuan Penalaran Logis Peserta didik Yang Memiliki Gaya Berpikir Sekuensial Abstrak Dalam Menyelesaikan Masalah Logika Matematika Sma Negeri I Tungkal Ulu. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Lawson, A. E. (1995). Science teaching and the development of thinking: Wadsworth Publishing Company.

Maryani, L. (2023). Efektivitas LKPD Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa. Jurnal Dinamika Ilmu. 31-48

Maulida, R. S. M. I. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Materi Proses Pembentukan Tanah dan Komponen Penyusun Tanah Kelas IX SMP. Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 2(4), 1076–1081.

Mikran, M. P. I. W. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif TAI untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VIIA SMP Negeri 1 Tomini pada Konsep Gerak. Jurnal Untad, 2(2), 15–26.

Muslimin, M., & Purwaningsih, E. (2023). Meta-Analisis: Pengaruh LKPD berbasis PBL terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah dalam Fisika. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 11(2), 38–45. https://doi.org/10.21831/jpms.v11i2.49407

Saputri, F., & Laksono., E. W. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Literasi Konten Kearifan Lokal pada Materi Asam dan Basa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 10(2), 76–80. https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.42374

Slavin, R. E. (2015). Cooperative Learning, Teori, Riset, dan Praktek. Nusa Media.

Solomon, G. dan S. L. (2022). Panduan Bagi Para Pendidik. Indeks.

Sugiantoro, A. , & A. H. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik Kelas X TPM SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 8(2), 136–141.

Spencer, T. L. (2018). Creating a love for science for elementary students througgh inquiry-based learning. Jurnal of Virginia Science Education, 2(1), 120–135.

Supena, I. , D. A. , & H. A. (2021). The Influence of 4C (Constructive, Critical, Creativity, Collaborative) Learning Model on Students’ Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3).

Tri, A. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. . Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 169–182.

Yatnikasari, S., Asnan, M. N., & Zulkarnain, I. (2021). Profil Kemampuan Ketrampilan Proses Sains Dasar Siswa Madrasah Aliyah Al-Firdaus Samarinda Setelah Pelatihan Penggunaan Alat Ukur. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 220–229. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v2i2.1068




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v13i1.80000

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo