Kemampuan Penalaran Siswa Menggunakan Soal PISA Konteks Vaksinasi Covid-19

Atikarani Noer Saleha, Departemen Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Zulkardi Zulkardi, Departemen Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ratu Ilma Indra Putri, Departemen Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Ely Susanti, Departemen Pendidikan Matematika, Program Pascasarjana, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bernalar siswa menggunakan soal PISA konteks vaksinasi covid-19. Jenis dan pedekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMPIT Rabbani Muara Enim sebanyak 5 orang. Data diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian proses bernalar siswa menunjukkan bahwa proses penalaran yang terjadi pada seluruh siswa adalah menyajikan pernyataan matematika, dan mengajukan argumen. Dan untuk proses melakukan manipulasi, memberikan alasan dan bukti terhadap solusi, kemudian proses menarik kesimpulan tidak terjadi pada seluruh siswa. Kemudian proses bernalar yang tidak sama sekali terjadi pada siswa adalah memeriksa kesahihan argument. Pengerjaan siswa selesai pada perhitungan akhir tanpa memeriksa kembali proses yang dikerjakan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses bernalar siswa menggunakan soal PISA konteks vaksinasi covid-19. Jenis dan pedekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VIII SMPIT Rabbani Muara Enim sebanyak 5 orang. Data diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian proses bernalar siswa menunjukkan bahwa proses penalaran yang terjadi pada seluruh siswa adalah menyajikan pernyataan matematika, dan mengajukan argumen. Dan untuk proses melakukan manipulasi, memberikan alasan dan bukti terhadap solusi, kemudian proses menarik kesimpulan tidak terjadi pada seluruh siswa. Kemudian proses bernalar yang tidak sama sekali terjadi pada siswa adalah memeriksa kesahihan argumen. Pengerjaan siswa selesai pada perhitungan akhir tanpa memeriksa kembali proses yang dikerjakan.


Keywords


penalaran, PISA, PMRI

Full Text:

PDF

References


Dewi, N. P. W. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan PMRI terhadap kompetensi pengetahuan matematika. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(2), 204-214.

Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi himpunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 315-322.

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya pengembangan number sense siswa melalui kurikulum merdeka. Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11-27.

Farib, P. M., Ikhsan, M., & Subianto, M. (2019). Proses berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama melalui discovery learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 99-117.

Farida, R. N., Qohar, A., & Rahardjo, S. (2021). Analisis kemampuan literasi matematis siswa SMA kelas X dalam menyelesaikan soal tipe PISA konten change and relationship. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2802-2815.

Hayati, N., & Setiawan, D. (2022). Dampak Rendahnya kemampuan berbahasa dan bernalar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8517-8528.

Manurung, A. S. (2020). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching dan learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 31 Jakarta. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 1-10.

Mardiyah, N., Nabilah, N. A., Billah, K. I. A. A. R., Jannah, W., & Septiadi, D. D. (2021). Pengembangan soal matematika model PISA pada materi transformasi geometri kelas XI SMA. Aritmatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 13-31.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1984). Drawing valid meaning from qualitative data: Toward a shared craft. Educational researcher, 13(5), 20-30.

Munthe, A. P., & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan kendala penerapan tutor sebaya untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(2), 138-147.

Murni, V., Nendi, F., Jundu, R., Men, F. E., Pantaleon, K. V., Jehadus, E., & Jeramat, E. (2022). Pelatihan penyusunan instrumen asesmen kompetensi minimum (AKM) di SMK Bina Kusuma Ruteng. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), 5(8), 2694-2715.

Ningsih, S. (2014). Realistic mathematics education: Model alternatif pembelajaran matematika sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73-94.

OECD. (2019b). PISA 2018 results (Volume I): What students know and can do. PISA. Paris: OECD Publishing.

Putri, R. I. I. (2016). Pengaruh interaksi pendekatan pembelajaran dan bentuk tes formatif terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 22(1), 69-75.

Rijal, M. K., Fathurrahman, F., & Pranajaya, S. A. (2018). Evaluasi program Indonesia pintar di madrasah Kota Balikpapan. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 15-33.

Rosmalinda, N., Syahbana, A., & Nopriyanti, T. D. (2021). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal tipe PISA. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(1), 483-496.

Sari, P. (2017). Pemahaman konsep matematika siswa pada materi besar sudut melalui pendekatan PMRI. Jurnal Gantang, 2(1), 41-50.

Sukmawarti, S., Hidayat, H., & Liliani, O. (2022). implementasi model problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(4), 886-894.

Susilowati, E. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Al-Miskawaih: Journal of Science Education, 1(1), 115-132.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v10i2.45818

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Atikarani Noer Saleha, Zulkardi Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri, Ely Susanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo