Identifikasi kebutuhan pembelajaran bagi anak multiple disabilities visualy impairment (MDVI) secara terpadu
Sukinah Sukinah, , Indonesia
Rafika Rahmawati, , Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi orangtua
dan guru dalam mendampingi belajar anak MDVI, pengembangan kemampuan belajar,
dan pengembangan draf instrumen asesmen berbasis kebutuhan belajar anak MDVI.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melihat secara natural
kondisi yang senyatanya. Hasil penelitian mengidentifikasi 29 kebutuhan belajar untuk
dikembangkan dalam instrumen asesmen pembelajaran. Aspek yang harus dikembangkan
dalam mengoptimalisasikan kemampuan belajar anak MDVI meliputi performance
di sekolah, rabaan, ketidakamanan gravitasi, otot, koordinasi bilateral, perencanaan
motorik, koordinasi motorik kasar dan halus, penglihatan, pendengaran, pembau, dan
pencecap. Draf instrumen asesmen yang dikembangkan berbasis kebutuhan belajar anak
MDVI terdiri dari instrumen identifikasi permasalahan yang dihadapi orangtua dalam
pendampingan belajar, identifikasi komponen pengembangan kemampuan belajar
anak dan instrumen identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar anak tunanetra dengan
kecacatan tambahan. Berdasarkan penilaian kelompok pengguna disimpulkan bahwa
draf instrumen identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar “Multiple Disabilities Visually
Impaired” dapat digunakan dengan adanya revisi sesuai dengan masukan pengguna.
Masukannya dalam aspek pemilihan kata yang mudah dipahami, perlu adanya contoh
kongkrit, pembenahan kalimat pernyataan dan penyederhanaan kalimat
dan guru dalam mendampingi belajar anak MDVI, pengembangan kemampuan belajar,
dan pengembangan draf instrumen asesmen berbasis kebutuhan belajar anak MDVI.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan melihat secara natural
kondisi yang senyatanya. Hasil penelitian mengidentifikasi 29 kebutuhan belajar untuk
dikembangkan dalam instrumen asesmen pembelajaran. Aspek yang harus dikembangkan
dalam mengoptimalisasikan kemampuan belajar anak MDVI meliputi performance
di sekolah, rabaan, ketidakamanan gravitasi, otot, koordinasi bilateral, perencanaan
motorik, koordinasi motorik kasar dan halus, penglihatan, pendengaran, pembau, dan
pencecap. Draf instrumen asesmen yang dikembangkan berbasis kebutuhan belajar anak
MDVI terdiri dari instrumen identifikasi permasalahan yang dihadapi orangtua dalam
pendampingan belajar, identifikasi komponen pengembangan kemampuan belajar
anak dan instrumen identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar anak tunanetra dengan
kecacatan tambahan. Berdasarkan penilaian kelompok pengguna disimpulkan bahwa
draf instrumen identifikasi dan asesmen kebutuhan belajar “Multiple Disabilities Visually
Impaired” dapat digunakan dengan adanya revisi sesuai dengan masukan pengguna.
Masukannya dalam aspek pemilihan kata yang mudah dipahami, perlu adanya contoh
kongkrit, pembenahan kalimat pernyataan dan penyederhanaan kalimat
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8274
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: