Pengembangan panduan layanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus
DOI:
https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8267Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memvalidasi model dan menghasilkan buku panduanlayanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian
menggunakan pendekatan Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah
praktisi kesehatan mental di sekolah, dan praktisi lain yang terlibat dalam layanan
kesehatan mental (psikolog dan dokter), dan pengguna (guru) di SLB di Daerah Istimewa
Yogyakarta. Data penelitian akan dikumpulkan melalui kuosioner dan Focus Group
Discussion (FGD) serta akan dilakukan analisis secara deskriptif kualitatif serta kuantitatif.
Rangkaian kegiatan penelitian ini menghasilkan produk akhir berupa buku panduan
layanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus yang telah
diuji validasi oleh subjek penelitian. Penelitian selanjutnya diharapkan akan menjadi
penelitian ujicoba produk dalam skala yang lebih besar
Downloads
Published
2016-03-28
How to Cite
Chamidah, A. N., Purwandari, P., & Mahabbati, A. (2016). Pengembangan panduan layanan kesehatan mental berbasis sekolah bagi anak berkebutuhan khusus. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i2.8267
Issue
Section
Articles