Evaluasi manajemen penerimaan peserta didik baru sistem real time online dinas pendidikan kota Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program penerimaan peserta didik
baru sistem real time online. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model
evaluasi goal attainment. Penilaian dilakukan untuk menggambarkan sejauh mana tujuan
program telah dicapai. Populasi penelitian ini adalah seluruh panitia penerimaan peserta
didik baru dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, guru, dan komite
delapan SMA negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dari
keseluruhan populasi dengan teknik purposive sampling, yang dipilih khusus berdasarkan
tujuan penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diberikan
secara langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif,
yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara kuantitatif pada masing-masing
komponen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerimaan
peserta didik baru sistem real time online menghasilkan: 1) tingkat pencapaian program
PPDB sistem real time online sudah sesuai dengan rencana yaitu 94,6%; 2) tujuan program
PPDB sistem real time online sebesar 97,4% dengan kategori sesuai; 3) kualitas pelayanan
panitia PPDB sebesar 93,9%, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan panitia PPDB
termasuk kategori sesuai; 4) manfaat program PPDB sistem real time online sebesar 98%,
menunjukkan bahwa manfaat dari penerimaan peserta didik baru sistem real time online
meningkatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan efektifitas pelaksanaan
penerimaan siswa baru
baru sistem real time online. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model
evaluasi goal attainment. Penilaian dilakukan untuk menggambarkan sejauh mana tujuan
program telah dicapai. Populasi penelitian ini adalah seluruh panitia penerimaan peserta
didik baru dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, kepala sekolah, guru, dan komite
delapan SMA negeri di Kota Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Sampel diambil dari
keseluruhan populasi dengan teknik purposive sampling, yang dipilih khusus berdasarkan
tujuan penelitiannya. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, yang diberikan
secara langsung kepada responden. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif,
yaitu dengan cara melakukan perhitungan secara kuantitatif pada masing-masing
komponen penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa evaluasi penerimaan
peserta didik baru sistem real time online menghasilkan: 1) tingkat pencapaian program
PPDB sistem real time online sudah sesuai dengan rencana yaitu 94,6%; 2) tujuan program
PPDB sistem real time online sebesar 97,4% dengan kategori sesuai; 3) kualitas pelayanan
panitia PPDB sebesar 93,9%, yang menunjukkan bahwa kualitas pelayanan panitia PPDB
termasuk kategori sesuai; 4) manfaat program PPDB sistem real time online sebesar 98%,
menunjukkan bahwa manfaat dari penerimaan peserta didik baru sistem real time online
meningkatkan kepercayaan masyarakat dan meningkatkan efektifitas pelaksanaan
penerimaan siswa baru
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v8i1.4930
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: