Pengembangan Model Peningkatan Kultur Akademik Di Lingkungan FIP UNY
Abstract
Penelitian ini bertujuan memperoleh deskripsi tentang Pengembangan model
peningkatan kultur akademik di lingkungan FIP UNY. Pendekatan dalam penelitian ini
adalah R and D yang mengadopsi model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjuk bahwa
untuk mengembangkan kultur akademik di lingkungan civitas akademika Fakultas sangat
memerlukan keteladan dari sosok figur yang dapat dijadikan sebagai contoh terutama
dari pimpinan formal dan figur informal yang berasal dari dosen senior. Peran yang
dapat dilakukan oleh pimpinan fakultas dan dosen senior adalah dengan memulai dari
dirinya mengembangkan kultur yang bersifat positif. Strategi efektif yang dapat dipakai
untuk mengembangkan kultur akademik adalah dimulai dari yang simple, visible, feasible,
possible, dan passable
peningkatan kultur akademik di lingkungan FIP UNY. Pendekatan dalam penelitian ini
adalah R and D yang mengadopsi model Borg and Gall. Hasil penelitian menunjuk bahwa
untuk mengembangkan kultur akademik di lingkungan civitas akademika Fakultas sangat
memerlukan keteladan dari sosok figur yang dapat dijadikan sebagai contoh terutama
dari pimpinan formal dan figur informal yang berasal dari dosen senior. Peran yang
dapat dilakukan oleh pimpinan fakultas dan dosen senior adalah dengan memulai dari
dirinya mengembangkan kultur yang bersifat positif. Strategi efektif yang dapat dipakai
untuk mengembangkan kultur akademik adalah dimulai dari yang simple, visible, feasible,
possible, dan passable
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i2.4912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: