PENGEMBANGAN METODE KODÁLY DALAM PENGENALAN NADA PADA ANAK USIA DINI
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan perlunya pengembangan metode Kodálydalam stimulasi musik pada anak terkait kemudahan dalam pengamatan kemampuanmeniru gerakan pada anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasilpenelitian sebagai berikut: Pertama, pada umumnya posisi berdiri biasa (tangan disamping)sebagai simbol nada do lebih mudah dalam proses pengamatan dibandingkan denganposisi anak memegang jempol kaki. Kedua, gerakan setelah nada do dalam posisi berdiridengan kedua tangan berada disamping disesuaikan dengan kualitas jarak tangganadamayor. Ketiga, adanya kreasi posisi tubuh sebagai simbol nada.Kata kunci: anak usia dini, metode Kodály.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i2.4797
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: