EFEKTIFITAS SISTEM LAYANAN PENDIDIKAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI D I YOGYAKARTA
Eko Budi Prasetyo,
Sungkono Sungkono,
Abstract
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai efektifitas sistem layanan pendidikan yang diberikan institusi terhadap anak-anak berkebutuhan khusus di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto, dengan subjek institusi/sekolah yang memperikan layanan pendidikan terhadap anak-anak berkebutuhan khusus yang diambil secara purposive, sebanyak 5 (lima) sekolah, dan 25 responden. Hasil penelitian menunjukkan: Lembaga/ sekolah yang memiliki visi misi yang baik, dengan mengembangkan kurikulum dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa berkebutuhan ternyata telah berkontribusi terhadap prestasi belajar siswanya. Ada empat (.80.%) dari lima sekolah yang dijadikan subyek yang telah melakukan hal tsb; Secara umum komponen pembelajaran, kurikulum, proses, dan tenaga pendidik yang ada, sebagian besar (≥ 75%) dianggap sudah memadai dan memenuhi persyaratan kualifikasi dan profesionalisme untuk pemberian layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Namun sebagian lain (≤ 25%) menilai masih kurang memadai, untuk pemberian layanan pendidikan anak berkebutuhan khusus, dan Dari sisi hasil (outcome) menunjukkan adanya pencapaian tujuan pembelajaran (79%), dan hanya sebagian kecil (21%) yang menyatakan bahwa hasil (outcome) yang ada belum memadai untuk memberikan layanan kepada anak-anak berkebutuhan khusus. Secara umum KKM telah tercapai, meskipun tingkat keberhasilan melanjutkan studi, dan pencapaian prestasi-prestasi (akademik dan nonakademik) di luar lembaga masih kurang, atau belum memenuhi harapan.
Kata Kunci: Pendidikan anak berkebutuhan khusus
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v5i2.4759
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: