UPAYA MENGOPTIMALKAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA

Authors

  • Retnoningsih Retnoningsih

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4742

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan bimbingan konseling untuk mengatasi perilaku menyimpang pada anak. Penelitian menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPS 4 SMA Negeri 7 Surakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan dan wawancara. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, indikator awal perilaku menyimpang dipantau menggunakan­ data keaktifan siswa masuk sekolah, catatan kejadian atau informasi dari guru. Kedua, pada siklus I diberikan bimbingan serius kepada siswa agar tidak melanggar­ aturan sekolah. Jika melanggar guru BK memberikan bimbingan intensif kepa­da siswa. Ketiga, pada siklus II diteruskan tindakan dari siklus I dengan pemberian sanksi jika melanggar peraturan.

 

Kata kunci: perilaku menyimpang, bimbingan konseling, dan indikator penyimpangan

Author Biography

Retnoningsih Retnoningsih

Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Kota Surakarta

Downloads

How to Cite

Retnoningsih, R. (2015). UPAYA MENGOPTIMALKAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK MENGATASI PERILAKU MENYIMPANG SISWA. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4742

Issue

Section

Articles