INTENSITAS PERAN AKTOR KEBIJAKAN DAN KEKUATAN POLITIS DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN SERTIFIKASI PENDIDIK
Abstract
Kebijakan sertifikasi pendidik pada awalnya tidak begitu diterima dan tidak mudah diterapkan lebih lebih dengan masih adanya masalah pada subsidi pemerintah. Masalah-masalah tersebut dapat berasal dari tahap perumusan kebijakan yang telah melibatkan para pelaku kebijakan yang juga memiliki kepentingan. Penelitian ini bersifat retrospektif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan snowball sampling. Untuk menganalisis data hasil penelitian, peneliti menggunakan interpretative inductive analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan sertifikasi pendidik merupakan sebuah proses politis yang dirancang oleh para pembuat kebijakan sesuai dengan perundangan yang berlaku, intensitas DPR dan PGRI lebih dominan daripada pemerintah dan para pejabat tidak resmi lain, dan pengaruh DPR dan PGRI merupakan pihak-pihak yang signifikan dalam perubahan paradigm atau perubahan preferensi nilai dari peningkatan kualitas pendidikan melalui peningkatan kesejahteraan guru.
Kata kunci: peran intensitas, pelaku kebijakan, perumusan kebijakan, kekuatan politis, kebijakan sertifikasi pendidik, guru dalam masa jabatan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v6i1.4736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Supervised by:
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by: