PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DI DAERAH PINGGIRAN PROVINSI DIY

Sugeng Bayu Wahyono,
Deni Hardianto,
Ariyawan Agung Nugroho,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar untuk meningkatkan etos
belajar siswa sekolah menengah di daerah pinggiran provinsi DIY. Penelitian ini merupakan
kelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang etos belajar siswa sekolah menengah di daerah
pinggiran provinsi DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan, dengan langkah penelitian difokuskan pada dua tahap yaitu tahap
prelimenary dan tahap formative evaluation. Pada tahap prelimenary akan dilakukan
persiapan dan prosedur kerja penelitian, sedangkan tahap formative evaluation dilakukan
prototyping (penyusunan model belajar) yang di expert reviews,one-to-one dan small group,
serta field test. Uji coba model belajar dalam penelitian ini dilakukan di salah satu SD di
Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran centering the
margine memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan etos belajar siswa di daerah
pinggiran.
Kata Kunci: model belajar, etos belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats