PENGEMBANGAN MODEL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN ETOS BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH DI DAERAH PINGGIRAN PROVINSI DIY

Authors

  • Sugeng Bayu Wahyono
  • Deni Hardianto
  • Ariyawan Agung Nugroho

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3115

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model belajar untuk meningkatkan etos
belajar siswa sekolah menengah di daerah pinggiran provinsi DIY. Penelitian ini merupakan
kelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang etos belajar siswa sekolah menengah di daerah
pinggiran provinsi DIY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
pengembangan, dengan langkah penelitian difokuskan pada dua tahap yaitu tahap
prelimenary dan tahap formative evaluation. Pada tahap prelimenary akan dilakukan
persiapan dan prosedur kerja penelitian, sedangkan tahap formative evaluation dilakukan
prototyping (penyusunan model belajar) yang di expert reviews,one-to-one dan small group,
serta field test. Uji coba model belajar dalam penelitian ini dilakukan di salah satu SD di
Kabupaten Bantul. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa model pembelajaran centering the
margine memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan etos belajar siswa di daerah
pinggiran.
Kata Kunci: model belajar, etos belajar

Author Biography

Sugeng Bayu Wahyono

Universitas Negeri Yogyakarta

Downloads

Published

2016-11-25

Issue

Section

Articles