IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMP NEGERI SE KECAMATAN KALASAN KABUPATEN SLEMAN

Erna Sapti Wulandari,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana implementasi dan gambaran
keberhasilan MBS di SMP Negeri Kecamatan Kalasan dalam usahanya menyiapkan lulusan
yang berkompeten dan berdedikasi tinggi. Penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif untuk
mendeskripsikan data/informasi dalam bentuk tabel frekuensi serta analisis atas masingmasing
data yang ada sesuai dengan arah penelitian. Penelitian dilakukan di 2 SMP Negeri di
Kecamatan Kalasan, yaitu SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 4. Jumlah subjek penelitian ada
180 orang terdiri dari 100 orang guru, 50 pegawai TU dan 30 orang pengurus komite sekolah.
Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis data
menggunakan deskriptif berupa distribusi frekuensi. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa:
pertama, pelaksanaan MBS dari aspek input, proses, dan output, masuk kategori sangat baik.
Aspek input masuk kategori sangat baik mencapai 62,2%, aspek proses masuk kategori
sangat baik mencapai 58,9% dan aspek output masuk kategori sangat baik mencapai 69,4%.
Kedua, ketersediaan guru yang berdedikasi tinggi yang mampu memberi bekal ilmu
pengetahuan dan keterampilan kepada siswa tersedia di sekolah masuk kategori sangat tinggi
57,2 %. Ketiga, ketersediaan sarana-prasarana bagi siswa baik dari sisi kuantitas maupun
kualitasnya. Persentase kategori mencapai 40,6%. Keempat, partisipasi masyarakat dalam
membantu mengembangkan dan meningkatkan sekolah masuk kategori tinggi 43,3 %.
Kelima, upaya sekolah meningkatkan prestasi siswa melalui proses pembelajaran dengan
sistem MBS masuk kategori tinggi yaitu 45,0 %.
Kata kunci: manajemen berbasis sekolah, sekolah menengah pertama

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats