MODEL PENGEMBANGAN KULTUR AKADEMIK DI LINGKUNGAN FIP UNY

Arif Rohman, Farida Hanum, Rahayu Condro, Nany Sutarini, Sisca Rahmadonna,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kultur
akademik di lingkungan FIP UNY. Pendekatan yang dipakai adalah R and D dengan
mengadopsi model Borg dan Gall. Tahap awal, mengkaji aneka pustaka dan memotret
kultur. Tahap kedua, mendalami elemen kultural untuk menemukan model
pengembangan kultur yang akan dilakukan tahap berikutnya. Populasi penelitian adalah
seluruh dosen FIP UNY. Tiga puluh subyek dari unsur mahasiswa dan 20 dosen dipilih
secara purposive berdasarkan kriteria pengalaman dan akademik. Data digali dengan
wawancara mendalam kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya
adalah pengembangan kultur akademik sangat memerlukan keteladan dari figur yang
dijadikan contoh dari pimpinan dan dosen senior. Strategi efektif dapat dipakai untuk
mengembangkan kultur akademik adalah dimulai dari yang simple, visible, feasible,
possible, dan passable. Diperlukan sosialisasi secara berulang dan melekat.
Pengembangan kultur diadopsi dan diaplikasikan melalui sistem reward bukan
punishment. Perlunya unit khusus non-struktural yang bertugas melakukan sosialisasi
dan law inforcement terhadap etika dan aturan akademik. Untuk itu, diperlukan
anggaran yang cukup dan komitmen kolaborasi sinergis antara pimpinan fakultas,
jurusan, dan dosen.
Kata Kunci: pengembangan model, kultur akademik, kampus FIP

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpipfip.v7i1.3106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



Supervised by:

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan has been indexed by:

  

View My Stats