Pengaruh model pembelajaran integratif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa sma

Authors

  • Reni Wulandari UNJ, Universitas Negeri Jakarta
  • Sarkadi Sarkadi
  • Kurniawati Kurniawati

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i2.23473

Keywords:

history learning, integrative model, critical thinking

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa di SMA Negeri 13 Bekasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen desain treatment by level 2x2. Populasi terdiri dari seluruh siswa kelas XI IIS. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3 dengan jumlah 72 siswa. Instrumen yang digunakan untuk hasil belajar adalah tes pilihan ganda dan yang digunakan untuk kemampuan berpikir kritis adalah kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa yang diberikan model pembelajaran integratif lebih tinggi dari siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif; 2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis; 3) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan model pembelajaran integratif dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, lebih tinggi dari siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif dan memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi; 4) hasil belajar sejarah siswa yang diberikan model pembelajaran integratif dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah, lebih rendah dari siswa yang diberikan model pembelajaran kooperatif dan memiliki kemampuan berpikir kritis rendah.


The effect of integrative learning model and critical thinking ability toward students' historical learning outcome in SMA Negeri 13 Bekasi

This study aims at determining the effect of learning model and critical thinking ability toward students' historical learning outcome in State Senior High School 13 Bekasi. This study is quantitative research by using experiment method with treatment by level 2x2 design. The population of this study is all students of XI IIS class. While, the sample is chosen two classes, namely XI IIS 2 class and XI IIS 3 class with total of 72 students. The instruments used are multiple choice test to measure learning outcome and questionnaire to measure critical thinking ability. The results of this study indicated that: 1) students' learning outcome by using integrative learning model is higher than using cooperative learning model, 2) there is an interaction effect between learning model and critical thinking ability, 3) students' historical learning result using integrative learning model and having higher critical thinking ability is higher than using cooperative learning model and having higher critical thinking ability, (4) students' historical learning outcome using integrative learning model and having low critical thinking ability is lower than using cooperative learning model and having low critical thinking ability.

Author Biography

Reni Wulandari, UNJ, Universitas Negeri Jakarta

Reni Wulandari  Pendidikan Sejarah Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta  Jl. Rawamangun Muka, RT.11/RW.14, Rawamangun, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220

References

Akbar, N. S. (2015). "Penerapan pembelajaran integratif untuk meningkatkan hasil belajar melaksanakan pekerjaan dasar-dasar survey dan pemetaan". Unimed Jurnal Education Building: Vol 1, No. 2,12.

Iryance, Iin. (2014)."Pengaruh Metode Pembelajaran dan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMA Kesatuan Bogor", Jurnal Pendidikan Sejarah, Vol.3 No. 1 Januari-Juni.

Subakti. (2010). Y.R. Paradigma Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme. Yogyakarta: SPPS, Vol.24, No. 1. April

Sugiyono. (2017). Statistiska Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suswati, Lis, dkk. (2015). Pengaruh Integrative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, Vol. 3 No. 2, Juni.

Tiruneh, Dawit T., dkk. (2014) "Effectiveness of Critical Thinking Instructions in Higher Education: A Systematic Review of Intervention Studies", International Journal of Teaching and Learning in Higher Education.

Downloads

Published

2020-02-11

How to Cite

Wulandari, R., Sarkadi, S., & Kurniawati, K. (2020). Pengaruh model pembelajaran integratif dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar sejarah siswa sma. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(2), 139–146. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i2.23473

Issue

Section

Articles