Model pendidikan karakter untuk membangun potensi harmoni sosial anak usia dini di Yogyakarta

Authors

  • Harun Harun

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16796

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan potensi harmoni sosial anak usia dini dalam pembelajaran di TK kota yogyakarta, dalam rangka membangun dan memantau perkembangan kemampuan harmoni sosial, harmoni budaya anak, serta memiliki kematangan sosial-emosional yang mandiri dan berbudaya. Penelitian ini dirancang untuk dilakukan dalam tiga tahun. Pada tahun pertama peneliti mengadopsi model research, development, and diffussion, yang meliputi penelitian pendahuluan, studi hasil penelitian, analisis kurikulum, dan penyusunan prototype model. Riset pendahuluan untuk memperoleh informasi model pendidikan karakter dalam membangun potensi harmoni sosial anak usia dini. Analisis yang dilakukan pada tahan ini untuk mengetahui dan memetakan standar kompetensi dan indikator pencapaian dalam rangka untuk menjaring need assessment sebagai dasar merancang prototype model pendidikan untuk membangun harmoni sosial anak usia dini di Yogyakarta. Hasil penelitian pada tahun pertama ini menunjukkan bahwa harmoni sosial anak usia dini dibangun atas dasar kejujuran yang ditampilkan anak, ungkapan isi hati, tidak saling menyakiti, tolong menolong, tidak saling berebut untuk berbicara, tidak saling menyakiti antar teman, serta terbentuknya budaya antri dalam berbagai kegiatan.

Downloads

Published

2017-11-08

How to Cite

Harun, H. (2017). Model pendidikan karakter untuk membangun potensi harmoni sosial anak usia dini di Yogyakarta. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 53–66. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16796

Issue

Section

Articles