Kemampuan guru taman kanak-kanak di Yogyakarta dalam mengembangkan tema pembelajaran berbasis budaya lokal

Authors

  • Ika Budi Maryatun
  • Joko Pamungkas
  • Martha Christianti

DOI:

https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16791

Abstract

Artikel ini berisi hasil penelitian tahap awal tentang pengetahuan dan pemahaman guru Taman Kanak-kanak tentang pengembangan tema pembelajaran berbasis budaya lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Data dikumpulkan menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi. Jumlah guru sampel penelitian adalah 70 orang guru TK se Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 91,5 persen guru belum mengembangkan tema pembelajaran berbasis budaya lokal. Salah satu kendala yang dihadapi adalah tidak ada pelatihan khusus untuk mengembangkan tema pembelajaran berbasis budaya lokal tersebut. Hasil penelitian ini mendorong peneliti untuk melakukan penelitian lanjutan terkait pengembangan tema pembelajaran berbasis budaya lokal dalam bentuk desain pengembangan tema pembelajaran berbasis budaya lokal, ujicoba, dan diseminasi produk.

 

Downloads

Published

2017-11-08

How to Cite

Maryatun, I. B., Pamungkas, J., & Christianti, M. (2017). Kemampuan guru taman kanak-kanak di Yogyakarta dalam mengembangkan tema pembelajaran berbasis budaya lokal. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v10i1.16791

Issue

Section

Articles