Penananamn Kemampuan Mengevaluasi Lukisan di Pendidikan Seni Rupa IKIP Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.21831/pep.v1i1.2110Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang penanaman kemampuan mengevaluasi karya seni lukis pada mahasiswa.
Dengan pendekatan kualitatif dan metode etnografik penelitian dilakukan di Pendidikan Seni Rupa IKIP Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan: analisis domain, taksonomi, komponensial, dan tema. Obyektivitas dan keabsahan data penelitian dilakukan dengan melihat validitas yang ditentukan oleh kredibilitas temuan dan interpretasinya, yang dicapai dengan cara memperpanjang observasi, triangulasi data, menggunakan balian referensi dan reliabilitas sinkronik.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa penanaman kemampuan mengevaluasi karya seni lukis sangat dibutuhkan, baik berdasarkan kurikulum. dosen, maupun mahasiswa. Ke-butulian ini sebenarnya dipengaruhi oleh orientasi pendidikan seni rupa yakni: pendidikan guru dan pendidikan seni rupa wan. Penanaman dilakukan dengan sistem aturan klasikal dan individual, sistem individual lebih banyak digunakan. Dalam proses penanamannya situasi lingkungan kurang mendukung, terutama lingkungan fisik dan sosial. Perilaku dosen yang diterima adalah weruh, ngerti, dan nglakoni, baik dalam penggunaan metode mengajar, evaluasi. maupun ungkapannya tentang penanaman. Sedangkan mahasiswa sebagai obyek dalam pembelajaran hams memiliki kemampuan awal, baik berupa wawasan dan kemampuan berkarya. Kedua kemampuan tersebut dipengaruhi oleh lingkungan, budaya. dan pendidikan asalnya. Pola yang sering muncul pada perilaku mahasiswa adalah berkarya-konsultasi, berkarya-mendiskusikannya, atau berkarya-mempresentasikannya. Artinya bahwa setiap mahasiswa berkarya akan selalu mengevaluasi karyanya, baik oleh dirinya, sesama mahasiswa, maupun oleh dosennya. Penanaman dilakukan melalui model self-evaluation, model bimbingan atau konsultasi secara individual. Model diskusi baik antar mahasiswa, maupun bebe-rapa mahasiswa dengan dosen.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright transfer agreement form can be downloaded here: [JPEP Copyright Transfer Agreement Form]
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jurnalhepi@uny.ac.id
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.