PENGEMBANGAN MODEL PENELITIAN PERSPEKTIF GENDER

Nuril Huda, IAIN Antasari Banjarmasin
Aliyah A. Rasyid, Universitas Negeri Yogyakarta
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta
Sumarno Sumarno, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1. menggambarkan dan merancang prosedur pengembangan model penelitian berperspektif gender, 2. mengembangkan dan menghasilkan model pe-nelitian berperspektif gender, dan 3. menghasilkan karakteristik model penelitian berperspektif gender. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengadaptasi model penelitian pe-ngembangan  dari Borg dan Gall. Prosedur pengembangan dilakukan melalui sepuluh tahapan, yaitu: 1. studi pendahuluan, 2. perencanaan model, 3. pengembangan model awal, 4.uji coba model awal, 5. revisi model awal, 6.uji coba scope terbatas, 7. revisi uji coba scope terbatas, 8. pengujian model akhir, 9. revisi model akhir, 10. diseminasi dan implementasi. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, checklist dan dokumentasi. Data  dianalisis secara kualitatif  dengan  teknik analisis kualitatif  fenomenologi (grounded) dan dilengkapi dengan analisis gender model HARMOS (modifikasi dari teknik analisis gender model Harvard dan model Moser). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Pengembangan model penelitian berperspektif gender dilakukan dengan mengadaptasi model penelitian dan pengembangan yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. 2. Menemukan model  penelitian berperspektif gender  yang secara spesifik menggunakan analisis gender model HARMOS (modifikasi dari analisis gender model Harvard dan model Moser) dan pedoman aplikasinya. 3. Menghasilkan karakteristik model penelitian berperspektif gender.

Kata kunci: pengembangan, model penelitian, perspektif gender

______________________________________________________________

DEVELOPING  A MODEL OF RESEARCH WITH GENDER PERSPEKTIF

Absrtact The objectives of this study are: 1). to describe and to design the procedure of developing a model of research  with gender perspective,  2). to develop and to produce  a model of research with gender perspective. 3) to produce model’s characteristic of research with gender perspective.This research is  a research and development  using the research model adapted from the Borg and Gall.The  development was carried out through ten stages, namely: 1. preliminary study, 2. planning  models, 3. developing the  initial model, 4. testing the initial model, 5. revising the initial model, 6. testing it with limited scope, 7.  revising the limited scope testing result, 8. testing  the final model, 9. revising  the final model, and  10. dissemination and implementation. The study used the qualitative research. The data were collected through in-depth interviews, participant observation, checklist  and documentaries.  The data were analyzed using the qualitative analysis techniques called Phenomenology and   gender analysis of the HARMOS model. The results are: 1. The development of the model of  gender perspective in the research  is carried out using model  by Borg and Gall model. 2. Producing the model of the research  with gender perspective  that specifically used gender analysis HARMOS model  and its manual 3. Producing model’s characteristic of research with gender perspective.

Keywords: development, research model, gender perpecstive


Full Text:

FULL TEXT PDF

References


Ali, Muhammad. (2011) Memahami riset peri- laku dan sosial. Jakarta: Pustaka Cende- kia Utama

Bappenas. (2001). Rangkuman pembangunan berperspektif gender. Jakarta: Bappenas

Eri, Rossatria, & Abdurahman, Shaleh,. (2003) Gender Mainstreaming dalam “Pengantar kajian gender”.Jakarta : PSW UIN Syarif Hidayatullah.

Fakih, Mansour. (2005). Analisis gender dan transformasi sosial. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gall, M.D, Gall, J.P & Borg,W.R,. (1983).Educational research: an introduction. Bos- ton: Pearson Education, Inc.

Hartati, Netty. (2003). Metodologi peneliti- an berwawasan gender: Dalam Peng- antar Kajian Gender. Jakarta: Pusat Studi Wanita UIN Syarif Hidayatullah kerja sama dengan McGill Project/ IIESP.

Meneg. PP. (2001). Konsep-konsep dasar untuk pengarusutaman gender. Jakarta: Kemen- trian Pemberdayaan Perempuan.

Mosse, J.C. (2007). Half the worl, half a chance an introduction to gender and development. (Terjemahan Hartian Silawati) Gender dan Pembangunan.Oxford: Oxfam. (Buku asli terbit tahun 1985).

Moser, C.O.N. (1993). Gender planing and development; theory, practice and training. London: Routledge.

Soewardi, Herman. (2006). Pengembangan paradigma keilmuan IAIN-UIN me- nuju research university: Dalam Res- earch University. Bandung: Suguda Press.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2010), Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Suprayogo, Imam, & Tobroni. (2003). Meto- dologi penelitian sosial-agama. Bandung: PT.Rosda Karya

Trisakti & Sugiarti. (2006). Konsep dan teknik penelitian gender. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v17i2.1702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:

   

ISSN 2338-6061 (online)    ||    ISSN 2685-7111 (print)

View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics