Komparasi Standard Setting Metode Group Contrast dan Bookmark pada Mata Pelajaran Akuntansi
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan cut score (batas lulus) ujian nasional mata pelajaran akuntansi dengan menggunakan metode Group Contrast dan Bookmark. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data berupa perangkat UN kompetensi kejuruan teori akuntansi tahun 2009 dan respon peserta dari dokumen sebanyak 8 SMK Bisnis dan Manajemen di wilayah Kota Yogyakarta sebanyak 314 peserta didik. Analisis data butir tes dilakukan secara klasik dengan program microcat Iteman, sedangkan analisis secara modern (Rasch Model) menggunakan program AcerConQuest. Judgment ahli digunakan dalam penentuan cutscore. Cut score yang dihasilkan dengan metode Group Contrast adalah sebesar 63,09 (skala 100) dan dengan metode Bookmark adalah sebesar 68,96 (Respon Probability/RP 0,67) dan 67,36 (RP 0,5). Metode Bookmark relatif lebih akurat dalam menentukan cut score karena butir diungkap parameter indeks kesukarannya kemudian dilakukan analisis kemampuan peserta tes dengan menggunakan model Rasch atau Teori Respon Butir, dan adanya judgment ahli.
Kata kunci: batas lulus, metode group contrast, metode bookmarkFull Text:
PDFReferences
Cizek, G., J. (2001). Conjungture on the rise and call of standard setting: An introduction to context and practice, in setting performance standards: Concepts, methods, and perspectives, Gregory J. Cizek ed., New Jersey: Lawrence Erlbaum Associated, Pub. Mahwah.
Cizek, G. J., Bunch, B., B.(2007). Standard setting: a guide to establising and evaluating performance standard on test. ND: Sage Publications.
Cizek, G. J. (1996). Setting passing scores [Versi Elektronik]. Educational Measurement Issues and Practice, 20-31.
Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.
Crocer, L., & Algina, J. (1986). Introduction to classical and modern test theory.
NY: The Dryden Press Saunders College Publising.
Hambleton, R. K., Pitoniak, M. J. (2006). Educational measurement (4th Ed),
R.L Brenan ed., USA: American Council on Education and Praeger Publisher.
Hambleton, R. K. & (2001). Setting performance standards on educational assessments and criteria for evaluating the process, in setting performance standards: Concepts, methods, and perspectives, Gregory J. Cizek ed., New Jersey: Lawrence E rlbaum Associated, Pub. Mahwah.
Heri Retnawati. (2008). Penentuan batas lulus (Standard Setting) ujian nasional mata pelajaran matematika di DIY. Laporan Penelitian: PKPSP LP UNY.
DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v14i2.1080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:
ISSN 2338-6061 (online) || ISSN 2685-7111 (print)
View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics