Pengaruh pendekatan matematika realistik terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SD
Jailani Jailani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik terhadap motivasi belajar siswa di kelas dan pengaruh pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pre-tes post-tes dengan kelompok non-ekuivalen. Penelitian ini menggunakan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangasem Yogyakarta dan SD Negeri Sarikarya Yogyakarta yang dipilih secara acak dengan teknik undian. Variabel bebas pendekatan pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi dan prestasi belajar. Teknik pengambilan data dilakukan dengan instrumen prestasi belajar siswa melalui pretest dan posttest. Data motivasi didapatkan menggunakan skala motivasi. Untuk membandingkan motivasi dan prestasi belajar siswa, data dianalisis dengan uji t2-Hotelling’s dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan matematika realistik terhadap motivasi siswa pada taraf signifikansi sebesar 0,000< 0,05;(2) ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan matematika realistik terhadap prestasi belajar siswa pada tarafsignifikansi 0,042 < 0,05.Perolehan gain untuk variabel motivasi dan prestasi pada kelas kontrol secara berturut-turut adalah 0,0045 dan 0,0897, sedangkan perolehan gain untuk variabel motivasi dan prestasi pada kelas eksperimen berturut-turut adalah 0,745 dan 0,434.
The Effect of Using Realistic Mathematics on Motivation and Learning Achievement of Primary School Students
Abstract
This study aims to find out (1) an effect of the realistic mathematics approach on the students’ motivation, (2) an effect of the realistic mathematics approach on the students’ achievement. This was a quasi-experimental study. The research employed the one group pretest-posttest designnon-equivalent group. The research used to experiment class and control class. The sample comprised all grade 5 students of SD N Karangasem Yogyakarta and SD N Sarikarya Yogyakarta established using random sampling technique. The learning approach was the dependent variables, while motivation and achievement were the independent variables. The data were collected using a learning achievement test. The motivation data were collected using an achievement motivation scale. To compare the motivation and students’ achievement, the data were analyzed using t 2-Hotelling’s and MANOVA. The result of the study shows that: (1) there is an effect of the realistic mathematics approach on the students’ motivation at the significance level of 0.000 < 0.05, (2) there is an effect of the realistic mathematics approach on the students’ achievement at the significance level of 0.042 <0.05. The gain score of motivation and achievement in the control class are 0.0045 and 0.0897, while the gain score of motivation and achievement in the experiment class are 0.745 and 0.434.
Keywords: realistic mathematics, motivation, achievement
Keywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Arief, F. (2011). Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan.Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2012). Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.
Mardapi. (2004). Penyusunan Tes Hasil Belajar. Yogyakarta:PPs Universitas Negeri Yogyakarta.
Pritchard, A. M., & Woollard, J. (2010). Psychology for the classroom: Constructivism and social learning. New York: Routledge.
Romberg, T. A., & Shafer, M. C. (2008). The Impact of Reform Instruction on Student Mathematics Achievement. New York, NY: Routledge. https://doi.org/10.4324/9780203895221
Santrock, J. (2010). Educational Psychology. Handbook of Educational Psychology. https://doi.org/10.1146/annurev.ps.05.020154.002041
Sardiman AM. (2004). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Depok: Rajagrafindo Persada.
Slavin, R., & Samosir, M. (2009). Psikologi pendidikan: Teori dan praktik (Edisi Kedelapan) Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.
Sugiman. (2011). Peningkatan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik. Diambil pada 1 Juli 2015. http://staf.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/2011_PPM_iceberg_0.pdf
van den Heuvel-Panhuizen, M. (2000). Mathematics education in the Netherlands: A guided tour. In Freudenthal Institute Cd-rom for ICME9 (p. 32). Utrecht: Utrecht University. Retrieved from http://www.fisme.science.uu.nl/staff/marjah/documents/TOURdef+ref.pdf
Widiyanti, R. A. (2012, October 31). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) dalam pembelajaran matematika terhadap kemampuan kognitif siswa SMP kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/35419/
Widyastuti, N. S., & Pujiastuti, P. (2014). Pengaruh pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) terhadap pemahaman konsep dan berpikir logis siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i2.2718
Yudha, C. B., & Suwarjo, S. (2014). Peningkatan kepercayaan diri dan proses belajar matematika menggunakan pendekatan realistik pada siswa sekolah dasar. Jurnal Prima Edukasia, 2(1), 42. https://doi.org/10.21831/jpe.v2i1.2643
Zaini, A., & Marsigit, M. (2014). Perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika realistik dan konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran dan komunikasi matematik siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 152. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2672
DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.7785
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Prima Edukasia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |