PENGELOLAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PASCABENCANA ERUPSI MERAPI
DOI:
https://doi.org/10.21831/jk.v42i1.2227Abstract
Penelitian tahun pertama ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pengajaran matematika yang dilakukan oleh guru sekolah dasar. Secara lebih spesifik, tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan kelas dan media dan bahan pembelajaran dan interaksinya dalam proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru di Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Secara keseluruhan, penelitian ini dilakukan dalam rangka penelitian dan pengembangan (R & D), tetapi untuk tahun pertama, digunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui metude alur. Temuan penelitian ini adalah: (1) pengelolaan kelas dan media yang dilakukan dengan tepat membuat pembelajaran matematika efektif, produktif, dan menumbuhkan motivasi untuk pemahaman konsep; (2) Pengelolaan bahan pembelajaran secara holistik menghasilkan hasil yang optimal dan berfikir reflektif bagi siswa; (3) pengelolaan interaksi membuat proses pembelajaran hidup dan menyenangkan dan akhirnya menghasilkan pencapaian tujuan pembelajaranDownloads
Published
2012-06-08
Issue
Section
Artikel
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to JK. However, even though the journal asks for a copyright transfer, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
The copyright form should be signed originally and sent to the Editorial Office through email to jk@uny.ac.id
Download HERE
Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.