PENGARUH E-SERVICE QUALITY, PERSEPSI HARGA, DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN (Studi pada Pelanggan Jasa Transportasi Online Gojek di Yogyakarta)

Risa Septiani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh e-service quality, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada pelanggan transportasi ojek online Gojek di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Populasi pada penelitian ini adalah pelanggan Gojek di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 235 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan metode bootstrapping dengan macro PROCESS oleh Andrew F. Hayes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif e-service quality terhadap kepuasan pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 6,912; signifikansi 0,000, dan koefisien regresi sebesar 0,364; (2) terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 3,965 dengan signifikansi 0,000, dan koefisien regresi sebesar 0,331; (3) terdapat pengaruh positif promosi penjualan terhadap kepuasan pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 4,188; signifikansi 0,000, dan koefisien regresi sebesar 0,305; (4) terdapat pengaruh positif kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari t hitung sebesar 6,589; signifikansi 0,000, dan koefisien regresi sebesar 0,404; (5) terdapat pengaruh positif e-service quality terhadap loyalitas pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,387; signifikansi 0,000, dan koefisien regresi sebesar 0,366; (6) terdapat pengaruh positif persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,716; signifikansi 0,000; dan koefisien regresi sebesar 0,559; (7)terdapat pengaruh positif promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari nilai t hitung sebesar 7,553; signifikansi 0,000, dan koefisien regresi sebesar 0,483; dan (8) terdapat pengaruh e service quality, persepsi harga, dan promosi penjualan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan Gojek Yogyakarta, dibuktikan dari koefisien mediasi variabel e service quality sebesar 0,0442; koefisien mediasi variabel persepsi harga sebesar 0,0404; dan koefisien mediasi variabel promosi penjualan sebesar 0,0676.

Keywords


E-Service Quality, Persepsi Harga, Promosi Penjualan; Loyalitas Pelanggan; Kepuasan Pelanggan

Full Text:

PDF

References


ABI Research.2018.16 Billion Ride Hailing Trips Completed Globally. Diakses melalui https://www.abiresearch.com/press/16-billion-ride-hailing-trips-completed-globally-2017-24-billion-trips-expected-2018/ pada tanggal 10 Februari 2019

APJII.2018.Buletin APJII Edisi 22 Maret 2018. Diakses melalui https://apjii.or.id/content/read/104/348/BULETIN-APJII-EDISI-22---Maret-2018 pada tanggal 03 Februari 2019

Kertajaya H.,2002 “Hermawan Kertajaya on Marketing”, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Consuegra, D., Molina, A., & Esteban, À. (2007). An Integrated Model of Price, Satisfaction and Loyalty: an Empirical Analysis in Service Sector. Journal of Product & Brand management.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill. 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih bahasa Yati Sumiharti. Jakarta: Erlangga. Gunawan, Daniel. 2015.

Pengguna Go-Jek Diteror Setelah Memberikan Bad Review!.

https://id.techinasia.com/talk/pengguna-go-jek-diteror-setelah-memberikan-bad-review. Diakses pada tanggal 12 Februari 2019

Hayes, A. F. (2013). Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Analysis. New York, NY: Guilford.

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Edisi 12. PT Indeks. New Jersey.

___________. (2008). Manajemen Pemasaran edisi kesebelas. Jilid 2, Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Amstrong Gary . (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih bahasa Bob Sabran M.M. Edisi Bahasa Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., Bowen, J. and Makens, J. (1999), Marketing for Hospitality and Tourism, Prentice-Hall Inc

Laurent, Felicia.2016. Pengaruh E-Service Quality Terhadap Loyalitas Pelanggan Go-Jek Melalui Kepuasan Pelanggan Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Kristen Petra Jl. Siwalankerto 121-131, Surabaya

Lovelock, Christopher, Joachen Wirtz dan Jacky Mussry. 2010.

Pemasaran Jasa : Manusia, Teknologi, Strategi. Perspektif Indonesia. Erlangga. Jakarta.

Martha, Enggar Puspita.2015. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Suasana Salon Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Flaurent Salon Yogyakarta).Universitas Negeri Yogyakarta:Tesis Putera, Andri

Donnal.2016.Beri Rating Rendah, Pelanggan Go-Jek Diancam "Driver" . Diakses

melaluihttps://megapolitan.kompas.com/read/2016/05/15/15431241/Beri.Rating.Rendah.Pelanggan.Go-Jek.Diancam.Driver. Pada 15 Februari 2019

Rodgers, W., Negash, S. & Suk, K. (2005). The Moderating Effect of On-line Experience on the Antecedents and Consequences of On-line Satisfaction, Psychology & Marketing, 22(4), 313-331.

Sawitri Ni Putu., Kerti Yasa Ni Nyoman., dan Jawas abbdullah. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan Tegal Sari Accommodation di ubud. Jurnal

Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewirausahaan, 7 (1) pp 40- 47 Schiffman, L., & Kanuk,L. 2011. Perilaku Konsumen. New Jersey: Prentice Hall.

Sulistiyanto dan Soliha (2015) “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Perusahaan dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Apotek Dela di Semarang’’ Sundaram,

Vijayanand dkk.2017.Impact of E-Service Quality on Customer Satisfaction and Loyalty Empirical Study in India Online Business

Tjiptono, Fandy, 1999, Strategi Pemasaran, Yogyakarta: ANDI

Zeithaml, V., Parasuraman, A. and Malhotra, A. (2002), “Service quality delivery through websites: a critical review of extant knowledge”, Journal of the Academy of Marketing Science,Vol. 30 No. 4, pp. 362-75.




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34781

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License