Analisis SWOT Dalam Menentukan Strategi Pemasaran (Studi Kasus di Kantor Pos Kota Magelang 56100)
Shinta Ratnawati, , Indonesia
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah memformulasikan alternative strategi pemasaran bersaing yang unggul dan kebijakan perusahaan yang tepat dengan menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat) di Kantor Pos Kota Magelang 56100. Analisis SWOT dilakukan dengan matriks IFE (Internal Factor Evaluation) yang mendeskripsikan factor – factor kekuatan dan kelemahan perusahan dan matriks EFE (Eksternal Factor Evaluation) yang menguraikan factor – factor peluang dan ancaman perusahaan dan matriks IE (Internal External) yang menunjukkan posisi perusahaan saat ini. Dari hasil analisis data didapatkan total skor dari factor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman, masing – masing diperoleh bobot kekuatan tertinggi 0,55, bobot kelemahan tertinggi 0,40, bobot peluang tertinggi 0,55, dan bobot ancaman tertinggi 0,44. Nilai total skor rata – rata pada matriks IFE sebesar 3,89 sedangkan matriks EFE sebesar 4,05. Hasil tersebut menempatkan Kantor Pos Kota Magelang 56100 pada kuadran I dan strategi pemasaran yang harus diterapkan adalah strategi pertumbuhan agresif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
David, F. R. (2010). Manajemen Strategi: Konsep-Konsep. Jakarta: Indeks.
DeSarbo, W., Benedetto, C., & Song, M. (2007). Heterogeneus Resource Based View for Exploring Relationship Between Firm Performance and Capabilities. Journal Of Modeling Management, 103-130.
Elyarni, R., & Hermanto. (2016). Analisis SWOT Terhadap Strategi Pemasaran Layanan SAP Express pada PT. SAP. Jurnal Metris, 81-88.
Joana, N.-G. (2009). Strategy of Distribution on Food Industri Companies. Annales Universitatis Apulensis Series Oeconomica, 875-880.
Kotler, P. (2010). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kuncoro, M. (2003). Metode Riset Untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.
Nedelea, S., & L.A., P. (2009). The Importance of Strategic Management Process in the Knowledge-Based Economy. Review of International Comparative Management, 95-105.
Noor. (2014). Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Amara Books.
Noor, S. (2014). PENERAPAN ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN DAIHATSU LUXIO DI MALANG (Studi Kasus pada PT. Astra International Tbk. – Daihatsu Malang). Jurnal INTEKNA, 102-209.
O'Regan, N., Martin, A., & Gallear, D. (2008). Leaders, Loungers, Laggards The Strategic Planning Environment Performance Relationship Revisit in Manfufacturing SME. Journal of Manufacturing Technology Management, 6-21.
Rangkuti, F. (2001). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Rangkuti, F. (2014). Analisis SWOT Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia.
Ratnawati, S., & A., H. E. (2020). Pentingnya Kompetensi, Motivasi dan Kepuasan Kerja Mendorong Prestasi Kerja. Buletin Bisnis & Manajemen, 10-18.
Remetwa, M. G., A., Y. T., & Sisharini, N. (2018). Analisis Strategi Dan Sistem Informasi Manajemen dengan Menggunakan Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT). Jurnal Riset Inspirasi Manajemen dan Kewirausahaan Vol. 2 No. 1 , 38 - 45.
Situmorang, S. H., & Lutfi, M. (2012). Analisis Data. Medan: USU Press.
Tan, J., & Tan, D. (2005). Environment Strategy Co-Evolution and Co-Alingment : A Staged Model Of Chinese SOE's Under Transisition. Strategic Management Journal, 141-157.
Umar, H. (2008). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Winarni, Wisnubroto, & Suyatno. (2010). Perencanaan Strategi Pemasaran Melalui Metode SWOT dan BCG Guna Menghadapi Persaingan dan Menganalisis Peluang Bisnis. IST AKPRIND.
Winarni, Wisnubroto, & Suyatno. (2012). Perencanaan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan . Seminar Nasional Aplikasi Sains dan Teknologi . Yogyakarta: IST AKPRIND Yogyakarta.
Yasar, F. (2010). Competitive Strategies and Firm Performance : Case Study on Gaziantep Carpeting Sector. Mustafa Kemal University Journal of Social Sciences Institute, 310-311.
Yunaida, E. (2017). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Pendapatan Produk Surat dan Paket Kantor Pos Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 688-699.
DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v17i2.34175
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal Indexed by:
Journal Counter :
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License