PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK, PROFESIONAL, SOSIAL, DAN KEPRIBADIAN TERHADAP PROFESIONALISME GURU SMA KABUPATEN KLATEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Dwi Nurjanati,
Trisno Martono,
Hery Sawiji,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi pedagodik terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten; 2) Untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi profesional terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten; 3) Untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi sosial terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten, 4) Untuk mengetahui pengaruh langsung kompetensi kepribadian terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten; 5) Untuk mengetahui pengaruh langsung sertifikasi guru terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten, 6) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung kompetensi pedagodik terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten; 7) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung kompetensi profesional terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten; 8) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung kompetensi sosial terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten; 9) Untuk mengetahui pengaruh tidak langsung kompetensi kepribadian terhadap profesionalisme guru SMA di Kabupaten Klaten.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif survey dengan menggunakan populasi 637 orang dan sampel sebanyak 246 orang. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan pendekatan random sampling melalui cara simple random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis jalur (Path Analysis).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi pedagogik berpengaruh langsung positif terhadap profesionalisme guru sebesar 0,170 atau 17%; 2) Kompetensi profesional berpengaruh langsung positif terhadap profesionalisme guru sebesar 0,124 atau 12,4%; 3) Kompetensi sosial berpengaruh langsung positif terhadap profesionalisme guru sebesar 0,204 atau 20,4%; 4) Kompetensi kepribadian berpengaruh langsung positif terhadap profesionalisme guru sebesar 0,221 atau 22,1%; 5) Sertifikasi guru berpengaruh langsung positif terhadap profesionalisme guru sebesar 0,537atau 53,7%; 6) kompetensi pedagogik berpengaruh secara tidak langsung terhadap profesionalisme guru melalui sertifikasi guru sebesar 0,343 atau 34,3%; 7) kompetensi profesional berpengaruh secara tidak langsung terhadap profesionalisme guru melalui sertifikasi guru sebesar 0,230 atau 23%; 8) Kompetensi sosial tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap profesionalisme guru melalui sertifikasi guru; 9) Kompetensi kepribadian tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap profesionalisme guru melalui sertifikasi guru

Keywords


kompetensi guru; sertifikasi guru; profesionalisme guru

Full Text:

PDF

References


Alfian, Eli Suraya, & Yusraini. (2011). Dampak Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Mutu Proses Pembelajaran: Studi Kasus di MAN Model Jambi. Media Akademika, Vol. 26, No.2.

Aniek Hindrayani & Salman Alfarisy Totalia. (2010). Teknik Pengolahan Data. Surakarta: UNS Press.

Arikunto Suharsimi. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Reineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. (2015). Badan Pusat Statistik. Diperoleh tanggal 29 Januari 2015 dari sumber www.bps.go.id.

Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. (2015). Indonesia.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klaten. (2015). Klaten, Indonesia.

Deitje S. Borang. Upaya Peningkatan Kompetensi dan Profesionalisme Guru SMK di Era Sertifikasi. Seminar Internasional, ISSN 1907-2066.

Damodar Gujarati. (2006). Dasar-Dasar Ekonometrika. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Klaten. (2015). Klaten, Indonesia.

Dimas Jarot Bayu. (2017). Sri Mulyani Kritik Lonjakan Anggaran Tak Dongkrak Kualitas Pendidikan. Diperoleh tanggal 13 Maret 2016 dari sumber www.katadata.com.

Dwi Diar E & Nikmat Akmal. (2014). Profesionalisme Guru Kejuruan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Teknologi Kejuruan. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO KE-7

E. Mulyasa. (2007). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Edukasi. (2013). Kompetensi Pedagogik Guru. Diperoleh tanggal 1 Februari 2016 dari sumber www.m-edukasi.web.id/2013/05/kompetensi-pedagogik-guru.html.

Hesti Murwati. (2013). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri se-Surakarta. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi (BISE) Vol.1, No.1.

Human Development Index (HDI) United Nation Development Program (UNDP)

Imam Ghozali. (2009). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kompasiana. (2010). Pengembangan Ilmu Manajemen Pendidikan. Diperoleh tanggal 1 Februari 2016, dari sumber http://edukasi.kompasiana.com/2010/03/19/pengembangan-ilmu-manajemen-pendidikan/.

M. Hasan Iqbal. (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitiandan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

M. Burhan Bungin. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2006). Pengendalian Mutu Pendidikan Sekolah Menengah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nur Zazin. (2014). Gerakan Menata Mutu Pendidikan Teori dan Aplikasi. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Nurhafni. Implementasi Program Sertifikasi Guru dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Tesis tidak dipublikasikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 10 Tahun 2009 tentang Sertifikasi Bagi Guru dalam Jabatan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasidan Kompetensi Guru

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru. (2008). Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Pos Nanggroe. (2015). Pengertian Sistem dan Tujuan dari UKG. Diperoleh 13 Maret 2016 dari sumber http://posnanggroe.com/2015/10/27/pengertian-sistem-dan-tujuan-dari-ukg/,

Riduwan & Engkos A.K. (2012). Cara Mudah Menggunakan dan Memakai Path Analysis (AnalisisJalur). Bandung: Alfabeta.

Sertifikasi Guru. (2007). Tentang Sertifikasi Guru. Diperoleh tanggal 1 Februari 2016 dari sumber http://sertifikasiguru.org/index.php?page=2007-2

Singgih Santoso. (2002). SPSS Versi 11.5 Cetakan Kedua Jakarta: Gramedia

Siswandari & Susilaningsih. The Effect of Teacher Sertification Toward the Improvement of Students Learning Quality. Jurnal dipublikasikan.

Sofyan Yamin & Heri Kuriawan. (2011). SPSS Complete Teknik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotex.

Sudji Munadi, Syukri Fathudin AW, & Arif Marwanto. (2011). Pengembangan Model Penyiapan dan Penjaminan Mutu Guru Pasca Sertifikasi. Jurnal dipublikasikan

Sudrajat, Akhmad. (2012). Kompetensi Pedagogik Guru. Diperoleh tanggal 1 Februari 2016 dari sumber http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2012/01/29/kompetensi-pedagogilk-guru/.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharjo, Bambang. Analisis regresi terapan dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Triatra. (2010). Kompetensi Kepribadian Guru. Diperoleh tanggal 13 Maret 2016 dari sumber https://triatra.wordpress.com/2010/10/14/kompetensi-kepribadian-guru/.

Undang-Undang RI Nomor 2 Tahun 1989. (1989). Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia. Indonesia.

Widiyaka, Netty Herawati, & Martoyo. (2013). Evaluasi Program Sertifikasi Guru dalam Jabatan Sekolah Menengah Pertama Negeri di Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Tesis PMIS-UNTAN-PSIAN




DOI: https://doi.org/10.21831/jim.v15i1.25070

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Indexed by:

        

 

Journal Counter :

Flag Counter

View My Stats

 

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License