Persepsi guru SMK pusat keunggulan tentang model kepemimpinan etnis Jawa: Asta Brata

Kisno Kisno, Sekolah Tinggi Akuntansi dan Manajemen Indonesia, Indonesia
Sumaryanto Sumaryanto, PT. Emcotama, Indonesia
Syawal Gultom, Universitas Negeri Medan, Indonesia
Darwin Darwin, Universitas Negeri Medan, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru tentang gaya kepemimpinan Kepala Sekolah Menengah Kejuruan-Pusat Keunggulan berbasis kearifan lokal yakni etnis Jawa. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan lokasi penelitian yang dipilih untuk melaksanakan penelitian yaitu 5 SMK Pusat Keunggulan di Cabang Dinas Lubuk Pakam, Provinsi Sumatera Utara. Sampel penelitian berjumlah 172 orang guru dan data dikumpulkan melalui angket berskala Likert yang disebarkan via Formulir Google. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 68-79% guru memiliki persepsi bahwa kepala sekolah di SMK Pusat Keunggulan telah menerapkan model kepemimpinan sifat melalui filosofi Asta Brata dengan baik melalui indikator-indikator yang terdapat dalam dimensi sifat matahari, bulan, bintang, angin, angkasa, api, bumi dan samudra. Dengan demikian, model kepemimpinan berbasis etnis atau kearifan lokal dapat untuk diterapkan untuk mendukung program SMK Pusat Keunggulan sebagai wujud kolaborasi antara Kemendikbud dan pemerintah daerah, dalam meningkatkan kualitas SMK.

Keywords


kepemimpinan etnis; asta brata; persepsi guru; sekolah menengah kejuruan

Full Text:

PDF

References


Ahmad, S. W. (2013). Falsafah Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Araska.

Al-Malki, M., & Juan, W. (2018). Leadership Styles and Job Performance: a Literature Review. Journal of International Business Research and Marketing, 3(3), pp. 40-49.

Amegayibor, G. K. (2021). Leadership styles and employees' performance: A case of family-owned manufacturing company, Cape Coast. International Journal of Financial, Accounting, and Management (IJFAM), 3(2), pp. 149-164.

Amin, B. (2014). Kepemimpinan Pendidikan. Pakar Pendidikan, 12(1), pp. 1-12.

Aryawan, I. W. (2021). Penerapan Kepemimpinan Asta Brata dalam Pendidikan dari Sudut Pandang Teori Konflik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 7(1), pp. 56-66.

As’ad, M., Anggoro, W. J., & Virdanianty, M. (2011). Studi Eksplorasi Konstrak Kepemimpinan Model Jawa: Asta Brata. Jurnal Psikologi, 38(2), pp. 224-239.

Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1), pp. 9-16.

Cheong, M. et al. (2019). A review of the effectiveness of empowering leadership. The Leadership Quarterly, 30(1), pp. 34-58.

Choirunisa, E. I., Firdausi, K., Hapsari, N. T., & Mardikawati, S. A. (2021). Internalisasi Filsafat Jawa Asta Brata Sebagai Penguatan Karakter Kepemimpinan Guru BK pada Lingkup Pendidikan. Malang, Universitas Negeri Malang.

Endraswara, S. (2013). Falsafah Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Fakhri, M., Pradana, M., Syarifuddin, S., & Suhendra, Y. (2020). Leadership Style and its Impact on Employee Performance at Indonesian National Electricity Company. The Open Psychology Journal, Volume 13, pp. 321-235.

Faraidiany, M., Kusmanto, H., & Warjio. (2019). Politik Identitas dalam Iklan Politik pada Pemilihan Kepala Daerah Sumatera Utara 2018. JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11(1), 113-120. DOI: 10.24114/jupiis.v11i1.12310

Hamid, M. (2010). Pengaruh Kepemimpinan Sifat Terhadap Keefektivan Kepemimpinan Sekolah (Studi Kasus Pada Kepala SMKN 1 Peusangan - Bireuen). Jurnal Ekonomika Universitas Almuslim Bireuen. 1(1). pp.62-70.

Gandolfi, F., & Stone, S. (2018). Leadership, Leadership Styles, and Servant Leadership. Journal of Management Research, 18(4), pp. 261-269.

Goren, P. (2018). Effect of Leadership Styles on Employee Productivity at South Nyanza Sugar Company Limited, Migori County. International Journal of Progressive Sciences and Technologies (IJPSAT), 6(2), pp. 428-432.

Harsoyo, Y., & Astusi, C. W. R. (2017). Pengembangan Desain Model Pelatihan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Semarang, LPPM Unimus.

Hudaya, Z. A., & Nugroho, S. W. D. (2013). Kearifan Lokal Budaya Jawa sebagai Basis Model Kepemimpinan Yang Efektif. Purwokerto, Universitas Jendral Soedirman, pp. 1-8.

Kartini, K. (2016). Pemimpin dan kepemimpinan: Apakah kepemimpinan Abnormal itu?. Jakarta: Rajawali Pers.

Kempa, R., Ulorlo, M., & Wenno, I. H. (2017). Effectiveness Leadership of Principal. International Journal of Evaluation and Research in Education, 6(4), pp. 306-311.

Kurniasih, A. D. (2021). Aktualisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Astha Brata Untuk Mewujudukan Profil Pelajar Pancasila Melalui Sekolah Penggerak. Webinar Dewan Profesor Universitas Sebelas Maret 2021, 5(1), pp. 57-62.

Kurniawan, A. F. (2019). Falsafah Kepemimpinan Pendidikan. Ri’ayah, 4(2), pp. 195-207.

Mahfud. (2017). Reaktualisasi Konsepsi Negarawan dalam Kepemimpinan Nasional. Malang: Universitas Brawijaya.

Makambe, U., & Moeng, G. J. M. (2019). The effects of leadership styles on employee performance: a case of a selected commercial bank in Botswana. Annals of Management and Organization Research (AMOR), 1(1), pp. 39-50.

Malo-Alain, A. M., & Njadat, E. N. A. (2020). The Impact of Education Quality on the Financial and Educational Sciences Programs. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(2), pp. 394-408.

Manik, J. D. N. (2013). Kekuasaan dan Kepemimpinan sebagai Proses Sosial dalam Bermasyarakat. Society, 1(1), pp. 64-74.

Merliana, N. P. E., Tantri, N. N., & Erna. (2021). E-Leadership Dalam Kepemimpinan Hindu di Era Digital. Palangka Raya, IAHN-TP.

Mulder, N. (1996). Pribadi dan masyarakat di Jawa (terjemahan). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Mulyadi. (2010). Kepemimpinan Sekolah dalam mengembangkan Budaya Mutu. Malang: UIN Malang Press.

Mulyono. (2009). Education Leadership; Mewujudkan Efektivitas Kepemimpinan Pendidikan. Malang: UIN Malang Press.

NawoseIng’ollan, D., & Roussel, J., (2017). Influence of Leadership Styles on Employees’ Performance: A Study of Turkana County, Kenya. International Journal of Business and Social Science, 8(7), pp. 82-98.

Oc, B. (2018). Contextual leadership: A systematic review of how contextual factors shape leadership and its outcomes. The Leadership Quarterly, 29(1), pp. 218-235.

Purwadi. (2007). Filsafat Jawa Reflektif: Butir-butir Kebijaksanaan Hidup untuk Mencapai Kesempurnaan Lahir Batin. Yogyakarta: Cipta Pustaka.

Sastrawan, K. B. (2019). Menggagas Kepemimpinan Berlandaskan Ajaran Asta Brata dan Etos Kerja Terhadap Kinerja Guru. Purwadita: Jurnal Agama dan Budaya, 3(2), pp. 55-64.

Soebadio, H. (1997). Kajian Asta Brata. Jakarta: Putra Sejati Raya.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, A. (2014). Kearifan Lokal dalam Institusi Publik: Studi Gaya Kepemimpinan Jawa Hastabrata pada Sekolah Menengah di Kabupaten Jember. Literasi: Indonesian Journal of Humanities, 4(2), pp. 184-195.

Suratno, P. (2006). Sang Pemimpin menurut Asta Brata, Wulang Rah, Tri Pana, Dasa Darma Raja. Yogyakarta: Adi Wacana.

Susetya, W. (2007). Kepemimpinan Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Syamsul, H. (2019). Penerapan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP). Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), p. 275–289.

Vokasi, D. (2020). Program SMK Pusat Keunggulan. Jakarta: Direktorat Jenderal Vokasi Kemdikbud.

Wahab, J. A., Mansor, A. Z., Hussin, M., & Kumarasamy, S. (2020). Headmasters' Instructional Leadership and Its Relationship with Teachers Performance. Universal Journal of Educational Research, 8(11a), pp. 97-102.

Widaningtyas, A. M. (2018). Penguatan Budaya Lokal dalam Kerangka Pendidikan Karakter: Studi Budaya Jawa. Aceh Anthropological Journal, 2(1), pp. 71-93.




DOI: https://doi.org/10.21831/jamp.v10i2.48896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)

 

RJI Main logo

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats