Pengaruh disiplin belajar, kepribadian dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru

Zulia Almaida Siregar, Dedi Suhendro

Abstract


Profesi guru mampunyai tugas untuk mendidik, mengajar dan melatih. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh disiplin belajar terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Bagaimana pengaruh kepribadian terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Bagaimana pengaruh profesionalitas guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Bagaimana pengaruh disiplin belajar, kepribadian dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kinerja guru. Untuk mengetahui pengaruh kepribadian terhadap  kinerja guru. Untuk mengetahui pengaruh profesionalitas terhadap kinerja guru. Untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar, kepribadian dan profesionalitas terhadap kinerja guru. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengaruh variabel disiplin belajar terhadap kinerja guru sebesar 37.70%. Pengaruh variabel kepribadian terhadap kinerja guru sebesar 46.50%. Pengaruh variabel profesionalitas guru terhadap kinerja guru sebesar 23%. Pengaruh variabel disiplin belajar, kepribadian dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru sebesar 63%.


Keywords


disiplin; kepribadian; profesionalitas; kinerja

References


Apriayani, P. (2014). Pengaruh kesesuaian Tipe Kepribadian pada Kinerja Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 19(1), 1–8.

Ayu Dwi Kesuma Putri, N. I. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Profesional Development of Teachers in Improving the Performance or Teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 94–103.

Azizah, I. N., & Estiastuti, A. (2017). Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas Rendah pada Pembelajaran Tematik di SD. Joyful Learning Journal, 6(2), 1–6.

Bariyah, K. (2014). Implementasi Disiplin Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(2), 27–36.

Mansur, M. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kualitas Kerja sebagai Variabel Intervening. Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 171–177.

Martin, J. R. (2016). Komitmen Prpfesional Memediasi Hubungan Aantara Keuntungan Personal dengan Manajemen Laba dan Pengaruh Kepribadian Terhadap Komitmen Profesional. Jurnal Akuntansi Bisnis, XIV(28), 257–279.

Siregar, D. I., & Hamdani, R. (2018). Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan : Bukti dari Perusahaan Gas Negara Wilayah Sumatera Utara. Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 162–170.

Suhendro, D. (2017). Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Siantar Top Tbk. HUMAN FALAH, 4(2), 218–235.

Suhendro, D. (2018). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah VS Bank Umum Konvensional di Indonesia dengan Menggunakan Rasio Keuangan. Masharif Al Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1).

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005) (pp. 1–54). Indonesia.

Winarni, Restu, D. R. (2015). Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadian dan IPK Terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi dalam Menggunakan Software Akuntansi dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. JURNAL NOMINAL, IV(1), 1–16.




DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.23714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:



ISSN 2337-7895 (print) || ISSN 2461-0550 (online)

Creative Commons LicenseJurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J.AMP Stats