Pengaruh Disiplin Belajar, Kepribadian dan Profesionalitas Guru terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 10 Pematangsiantar
Dedi Suhendro, AMIK Tunas Bangsa Pematangsiantar, Indonesia
Abstract
Bidang pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam pengembangan sumber daya manusia. Mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup, mengajar identik dengan meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, melatih diartikan sebagai mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh disiplin belajar terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Bagaimana pengaruh kepribadian terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Bagaimana pengaruh profesionalitas guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Bagaimana pengaruh disiplin belajar, kepribadian dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru di Sekolah Menengah Pertama Negeri 10 Pematangsiantar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 44 orang guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Pengaruh variabel disiplin belajar terhadap kinerja guru sebesar 37.70%. Pengaruh variabel kepribadian terhadap kinerja guru sebesar 46.50%. Pengaruh variabel profesionalitas guru terhadap kinerja guru sebesar 23%. Pengaruh variabel disiplin belajar, kepribadian dan profesionalitas guru terhadap kinerja guru sebesar 63%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afianto, I. D., & Utami, H. N. (2017). Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Divisi Marketing PT Victory International Futures Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 50(6), 58–67. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/2081
Apriayani, P. (2014). Pengaruh kesesuaian Tipe Kepribadian pada Kinerja Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Buletin Studi Ekonomi, 19(1), 1–8. Retrieved from https://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/18804
Ayu Dwi Kesuma Putri, N. I. (2017). Pengembangan Profesi Guru dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Profesional Development of Teachers in Improving the Performance or Teacher). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 94–103. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/8109
Azizah, I. N., & Estiastuti, A. (2017). Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas Rendah pada Pembelajaran Tematik di SD. Joyful Learning Journal, 6(2), 1–6. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jlj
Bariyah, K. (2014). Implementasi Disiplin Kerja dan Beban Kerja terhadap Kinerja Karyawan. LIKHITAPRAJNA. Jurnal Ilmiah.Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(2), 27–36. Retrieved from http://likhitapradnya.wisnuwardhana.ac.id/index.php/likhitapradnya/article/view/89
Diniaty, D., & Fairus, M. (2014). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Perpustsakaan UIN SUSKA Riau. Jurnal Sains, Teknologi Dan Industri, 11(2), 297–304. Retrieved from http://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/sitekin/article/view/759
Ismail, & Sjahruddin, H. (2018). Pengaruh profesionalisme dan komitmen organisasional terhadap kinerja guru. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 1(1), 99–112. https://doi.org/https://doi.org/10.31227/osf.io/qt8w7
Mansur, M. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kualitas Kerja sebagai Variabel Intervening. Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 171–177. Retrieved from http://jurnal.uniyap.ac.id/index.php/future/article/view/405
Martin, J. R. (2016). Komitmen Prpfesional Memediasi Hubungan Aantara Keuntungan Personal dengan Manajemen Laba dan Pengaruh Kepribadian Terhadap Komitmen Profesional. Jurnal Akuntansi Bisnis, XIV(28), 257–279. Retrieved from http://journal.unika.ac.id/index.php/jab/article/view/1345
Permatasari, J. A., Musadieq, M. Al, & Mayowan, Y. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi pada PT BPR Gunung Ringgit Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 25(1), 1–9. Retrieved from http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/986
Ramdhani, N. (2007). Apakah Kepribadian Menentukan Pemilihan Media Komunikasi ? Metaanalisis Terhadap Hubungan Kepribadian Extraversion , Neuroticism , dan Openness to Experience dengan Penggunaan Email. Jurnal Psikologi, 34(2), 112–129. Retrieved from https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7092
Riadi, E. (2012). Pengaruh Kepribadian, Kecerdasan Emosional, dan Perilaku Kewargaan Organisasi terhadap Kinerja Kepala Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan di Kota Tangaerang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 432–441. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/view/2440
Sari, H., & Shabri. (2016). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Motivasi Belajar pada Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala. Idea Nursing Journal, VII(2), 1–10. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/6449/0
Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). Peningkatan kinerja pegawai melalui kepuasan kerja dan disiplin kerja (Reach employee performance by job performance and work discipline). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 204–214. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3389
Sidanti, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil di Sekretariat DPRD Kabupaten Madiun. Jurnal JIBEKA, 9(1), 44–53. Retrieved from https://jurnal.stie.asia.ac.id/index.php/jibeka/issue/view/8
Siregar, D. I., & Hamdani, R. (2018). Disiplin Kerja dan Kinerja Karyawan : Bukti dari Perusahaan Gas Negara Wilayah Sumatera Utara. Future Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 5(2), 162–170. Retrieved from http://jurnal.uniyap.ac.id/index.php/future/article/view/404
Suhendro, D. (2017). Analisis Profitabilitas dan Likuiditas Untuk Menilai Kinerja Keuangan pada PT Siantar Top Tbk. HUMAN FALAH, 4(2), 218–235. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/humanfalah/issue/view/194
Suhendro, D. (2018). Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah VS Bank Umum Konvensional di Indonesia dengan Menggunakan Rasio Keuangan. Masharif Al Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 3(1). Retrieved from http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/Mas/issue/view/319
Tampi, B. J. (2014). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT Bank Negara Indonesia,TBK (Regional Sales Manado). Journal “Acta Diurna,” III(4), 1–20. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurna/issue/view/585
Tamrin, A. S., Rumapea, P., & Mambo, R. (2017). Pengaruh Profesionalisme Kerja Pegawai terhadap Tingkat Kepuasan Pelamggan pada Kantor PT Taspen Cabang Manado”. Jurnal Administrasi Publik, 3(046), 1–9. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/16283
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. (2005) (pp. 1–54). Indonesia.
Winarni, Restu, D. R. (2015). Pengaruh Karakteristik Tipe Kepribadian dan IPK Terhadap Kecemasan Berkomputer Mahasiswa Akuntansi dalam Menggunakan Software Akuntansi dengan Locus of Control sebagai Variabel Moderasi. JURNAL NOMINAL, IV(1), 1–16. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/6884
Yenny. (2018). Pengaruh Kompetensi, Motivasi dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru pada Yayasan Pendidikan Imanuel Palu. E Jurnal Katalogis, 6(2), 98–105. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Katalogis/article/view/10098
DOI: https://doi.org/10.21831/amp.v7i2.23714
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Our journal indexed by:
ISSN 2461-0550 (online) || ISSN 2337-7895 (print)
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |