KEEFEKTIFAN PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS LECTORA DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SLEMAN
DOI:
https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2451Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penyelenggaraan pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora di Dinas Dikpora Kabupaten Sleman. Penelitian ini adalah penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan berdasarkan konsep Kirpatrick dengan empat tingkatan yaitu: (1) evaluasi tingkat reaksi; (2) evaluasi tingkat belajar; (3) evaluasi tingat perilaku, dan (4) evaluasi tingkat dampak. Subjek penelitian adalah guru TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) komponen penyelenggaraan pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora dengan rata-rata 56,55 berada dalam kategori efektif (45,01-58,50), artinya tanggapan dari peserta dalam hal penyelenggaraan pelatihan baik untuk diselenggarakan oleh lembaga tetapi belum optimal; (2) komponen kemampuan fasilitator pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis Lectora dengan rata-rata 64,79 berada dalam kategori sangat efektif (>61,75), artinya peserta mempunyai persepsi yang sangat baik terhadap perilaku fasilitator dalam mengajar dan melatih peserta selama pelatihan; (3) komponen hasil belajar peserta pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora dengan rata-rata 75,44 berada dalam kategori efektif (65, 01-84,50), artinya bahan ajar tersebut dapat digunakan atau diimplementasikan dalam proses belajar mengajar di sekolah masing-masing; 4) komponen pemenuhan kompetensi pedagogik pelatihan penyusunan bahan ajar berbasis lectora dengan rata-rata 24,10 berada dalam kategori sangat efektif (>22,75), artinya standar kompetensi pedagogik guru terpenuhi.Kata Kunci: pelatihan, penyusunan bahan ajar, lectora
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
Tuginem, T., & Muhyadi, M. (2014). KEEFEKTIFAN PELATIHAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BERBASIS LECTORA DI DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGA SLEMAN. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 2(2), 233–249. https://doi.org/10.21831/amp.v2i2.2451
Issue
Section
Articles
License
The authors submitting a manuscript to this journal agree that, if accepted for publication, copyright publishing of the submission shall be assigned to Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. However, even though the journal holds the copyright, the authors retain (or are granted back) significant scholarly rights.
Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jamp is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.