KEEFEKTIFAN PERAN KOMITE SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BANJARMANGU, KABUPATEN BANJARNEGARA

Authors

  • Dhuta Sukmayoga Swift English School
  • Muhyadi Muhyadi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2310

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat keefektifan dan hambatan dalam pelaksanaan peran komite sekolah sebagai badan pertimbangan, badan pendukung, badan pengawas dan badan peng-hubung di sekolah dasar negeri di Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah dua sekolah dasar negeri di Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, yaitu SDN 1 Banjarmangu dan SDN 3 Kesenet. Pengumpulan data menggunakan angket dan melalui wawancara. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa secara umum, peran komite sekolah SDN di Kecamatan Banjar-mangu cukup efektif. Komite sekolah di daerah perkotaan lebih efektif daripada komite sekolah di daerah pedesaan. Kendala Komite Sekolah SDN di Kecamatan Banjarmangu dalam menjalankan perannya adalah rendahnya kompetensi pengurus, kesadaran dan motivasi pengurus, dan kurangnya dana operasional.

Kata kunci: komite sekolah, peran komite sekolah, keefektifan peran

Downloads

Published

2013-04-01

How to Cite

Sukmayoga, D., & Muhyadi, M. (2013). KEEFEKTIFAN PERAN KOMITE SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN BANJARMANGU, KABUPATEN BANJARNEGARA. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 1(1), 22–33. https://doi.org/10.21831/amp.v1i1.2310

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)