EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X

Authors

  • Hayyun Lathifaty Yasri Prodi PIPS PPs UNY
  • Endang Mulyani Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7931

Keywords:

film, minat belajar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengatahui: 1) efektivitas media film dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Ekonomi siswa, 2) perbedaan peningkatan minat belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film, 3) perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Experiment dengan Nonequivalent Control Group Design. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Perlakuan dalam penelitian ini berupa  penggunaan media film pada kelompok eksperimen dan tanpa media film pada kelompok kontrol. Data hasil belajar diperoleh dari tes tertulis dan data minat belajar diperoleh dari angket tertutup. Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: 1) media film efektif untuk meningkatkan minat dan hasil belajar Ekonomi siswa, 2) terdapat perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film, 3) terdapat perbedaan hasil belajar Ekonomi siswa yang menggunakan media film dengan siswa yang tidak menggunakan media film.

 

THE EFFECTIVENESS OF FILM AS INSTRUCTIONAL MEDIA TO ENHANCE
GRADE X STUDENT'S LEARNING INTEREST AND LEARNING OUTCOME

Abstract

This study aims to know: a) level of film effectiveness to enhance learning interest and learning outcome of student on economic lesson, b) the difference between student learning interest of experimental class and control class, and c) the difference between student learning outcome of experimental class and control class. This study employed quantitative approach that use Quasi Experiment method by Pretest Posttest Control Group Design. The subject of this study taken by purposive sampling technique from the population is all class of grade X. The data were collected by questionnaire and test of learning outcome. The findings of this study are: 1) the film was proven that effective to enhance learning interest and learning outcome of student on economic lesson, 2) there a difference between student learning interest of experimental class with a student learning interest of control class, and there a difference between student learning outcome of experimental class with a student learning outcome of control class.

Author Biographies

Hayyun Lathifaty Yasri, Prodi PIPS PPs UNY

Hayyun Lathifaty Yasri, lahir di Ponorogo, 31 Agustus 1990. Pendidikan S1 ditempuh di UIN Maulana Malik Ibarahim Malang pada jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiayah tahun 2009-2013. Menyelesaikan Program Magister di Program Studi IPS Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta

Endang Mulyani, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta

Endang Mulyani, lahir pada tanggal 31 Maret 1960. Bekerja sebagai tenaga pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Menempuh pendidikan S1 pada jurusan Ekonomi Umum di Universitas Soedirman Purwokerto. Pendidikan S2 ditempuh di Universitas Gajah Mada pad jurusan Antar Bidang Kependudukan. Pendidikan S3 ditempuh di Universitas Negeri Yogyakarta pada jurusan Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (PEP).

References

Champoux, J. E. (2007). Film as a Teaching Resouce. Journal of Management Inquiry 1999 8 (2): 240-251

Council Lottary Fundee, UK Film. (2010). Using Film in Schools: A Practical Guide, 21st Century Literacy. United Kingdom

Dale, Edgar. (1946). Audio-Visual Methods in Teaching. NY: Dryden Press

Hamalik, O. (2006). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Masterpiece. (2011). Film in the Classroom: A guide for Teacher (Rev. Ed). New York: WGBH Educational Foundation.

Morris, Wayne. (2006). Creativity: its Place in Education. New Zealand. Jpb. com.

Munadi, Yudhi. (2013). Media Pembelajaran; sebuah pendekatan baru. Jakarta. Referensi

Otte, R.W. (1966). Creativity in Teaching: Childhood Education Volume 43, Issue 1. Taylor fracis Online. Diunduh dari http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/00094056.1966.10728017?journalCode=uced20 pada16 Desember 2015

Wibowo, K., & Marzuki, M. (2015). PENERAPAN MODEL MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA UNTUK MENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 2(2), 158-169. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/7667/6608

Widoyoko, E.P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran, Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Downloads

Published

2016-12-06

How to Cite

Yasri, H. L., & Mulyani, E. (2016). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(2), 138–149. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i2.7931

Issue

Section

Articles