PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI CTL METODE GI BERBANTUAN MEDIA SMP NEGERI 6 RAHA

Authors

  • Jamrut Jamrut
  • Aman Aman

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2436

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan CTL dengan metode GI berbantuan media, (2) meningkatkan hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Neg 6 Raha tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah  observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi CTL dengan metode GI berbantuan media meningkatan  hasil belajar kognitif. Pada siklus I sebesar 69,33 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 60%, menjadi 78,86 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 90% pada siklus II.

Kata Kunci : CTL, group investigation, media pembelajaran, hasil belajar

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Jamrut, J., & Aman, A. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI CTL METODE GI BERBANTUAN MEDIA SMP NEGERI 6 RAHA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2436

Issue

Section

Articles