PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI CTL METODE GI BERBANTUAN MEDIA SMP NEGERI 6 RAHA
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2436Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengimplementasikan CTL dengan metode GI berbantuan media, (2) meningkatkan hasil belajar IPS. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-1 SMP Neg 6 Raha tahun pelajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dengan nilai rata-rata untuk membandingkan kemajuan antar siklus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi CTL dengan metode GI berbantuan media meningkatan hasil belajar kognitif. Pada siklus I sebesar 69,33 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 60%, menjadi 78,86 atau mengalami ketuntasan belajar sebesar 90% pada siklus II.Kata Kunci : CTL, group investigation, media pembelajaran, hasil belajar
Downloads
Published
2014-09-01
How to Cite
Jamrut, J., & Aman, A. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI IMPLEMENTASI CTL METODE GI BERBANTUAN MEDIA SMP NEGERI 6 RAHA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2436
Issue
Section
Articles
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |