KINERJA GURU IPS SMP BERSERTIFIKASI PROFESI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI KABUPATEN LOMBOK UTARA
DOI:
https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2435Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru IPS SMP bersertifikasi profesi sesudah sertifikasi di Kabupaten Lombok Utara, ditinjau dari empat kompetensi, yaitu: (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Sosial, (3) Kompetensi Kepribadian, (4) Kompetensi Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan populasi penelitian berjumlah 24 orang guru IPS SMP yang bersertifikasi profesi di Kabupaten Lombok Utara. Subjek penelitan ini adalah 24 guru IPS SMP bersertifikasi profesi di Kabupaten Lombok Utara yang dinilai oleh 7 orang kepala sekolah, 14 guru sejawat dan 14 orang siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dan kuesioner/angket, terdiri atas kuesioner guru sejawat, kuesioner kepala sekolah dan koesioner siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis rentang skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (2) Tingkat penguasaan kompetensi sosial oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (79,2%). (3) Tingkat penguasaan kompetensi profesional oleh guru IPS bersertifikasi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (4) Tingkat penguasaan kompetensi kepribadian oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (91,7%).
Kata Kunci: Kinerja Guru, Sertifikasi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright publishing of the article shall be assigned to Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS
![]() | Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS by http://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |