KINERJA GURU IPS SMP BERSERTIFIKASI PROFESI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI KABUPATEN LOMBOK UTARA

Authors

  • Eka Suryarahman
  • Hastuti Hastuti

DOI:

https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2435

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja guru IPS SMP bersertifikasi profesi sesudah sertifikasi di Kabupaten Lombok Utara, ditinjau dari empat kompetensi, yaitu: (1) Kompetensi Pedagogik, (2) Kompetensi Sosial, (3) Kompetensi Kepribadian, (4) Kompetensi Profesional. Penelitian ini merupakan penelitian deskiptif dengan populasi penelitian berjumlah 24 orang guru IPS SMP yang bersertifikasi profesi di Kabupaten Lombok Utara. Subjek penelitan ini adalah  24 guru IPS SMP bersertifikasi profesi di Kabupaten Lombok Utara yang dinilai oleh 7 orang kepala sekolah, 14 guru sejawat dan 14 orang siswa. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan metode observasi, dan kuesioner/angket, terdiri atas kuesioner guru sejawat, kuesioner kepala sekolah dan koesioner siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dengan analisis rentang skor. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat penguasaan kompetensi pedagogik oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (2) Tingkat penguasaan kompetensi sosial oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (79,2%). (3) Tingkat penguasaan kompetensi profesional oleh guru IPS bersertifikasi berada pada kriteria sangat tinggi (87,5%). (4) Tingkat penguasaan kompetensi kepribadian oleh guru IPS SMP bersertifikasi profesi berada pada kriteria sangat tinggi (91,7%).

Kata Kunci: Kinerja Guru, Sertifikasi

Downloads

Published

2014-09-01

How to Cite

Suryarahman, E., & Hastuti, H. (2014). KINERJA GURU IPS SMP BERSERTIFIKASI PROFESI BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU DI KABUPATEN LOMBOK UTARA. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i2.2435

Issue

Section

Articles