PENGARUH BUKU MANAJEMEN ARSIP PERGURUAN TINGGI TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN MAHASISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN
Ellys Siregar, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Indonesia
Gartima Sitanggang, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengaruh Buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi terhadap Hasil Belajar Kearsipan Mahasiswa Administrasi Perkantoran. Peningkatan hasil belajar Mata Kuliah Kearsipan mahasiswa Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan menjadi sasaran utama dari penelitian ini. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian sebelumnya tentang pengembangan buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi. Metode eksperimen kuasi digunakan untuk melihat dampak dari pengembangan buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi terhadap hasil belajar mahasiswa pada Mata Kuliah Kerasipan. Mahasiswa Program Studi Administrasi Perkantoran yang mengikuti mata kuliah Manajemen Kearsipan berjumlah 31 orang merupakan sampel dalam penelitian ini. Uji-t dilakukan untuk menganalisis dua kelompok dari data satu kelompok sampel berpasangan melalui perbandingkan data sebelum (pretest) dengan sesudah (post test) perlakuan dari satu kelompok sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi memberikan efek terhadap hasil belajar kearsipan Mahasiswa Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Medan. Buku teks yang mengandung konsep dan prosedur pengelolaan arsip aktif dan inaktif serta klasifikasi dan jadwal retensi arsip akan membantu mahasiswa untuk menguasai konsep pengeloaan arsip aktif dan inaktif dengan lebih mudah.
Abstract: The Influence of College Archives Management Book on Learning Outcomes of Student Archiving of Office Administration. The goal of this research is to improve the learning outcomes of Students Archiving of the Office Administration of Faculty of Economics, Universitas Negeri Medan. This research is a further research of previous research on the development of Archive Management Book for Higher Education Student. Quasi experimental method is used to see the impact of the development of Archive Management book for Higher Education Student on student learning outcomes in Archive Management Subject. 31 Office Administration students who took Archive Management were selected to be the sample in this study. T-test is used to analyze two groups of data from one paired sample group by comparing the data before and after the treatment of one sample group. The results showed that the use of the Archives Management book for Higher Education Student affected the learning outcomes of the Archive Management Course for Office Administration students at the Faculty of Economics, Universitas Negeri Medan.
Jika Anda menyusun daftar pustaka menggunakan standar American Psychological Association (APA), Anda bisa copy paste teks dibawah ini untuk Anda masukkan pada bagian daftar pustaka Anda!
Mutmainnah, S., Siregar, E., & Sitanggang, G. (2020). Pengaruh Buku Manajemen Arsip Perguruan Tinggi Terhadap Hasil Belajar Kearsipan Mahasiswa Administrasi Perkantoran. Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi, 17(1), 34-41. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.30438
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Majid. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Rosda Karya
Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Riasmiati, A. (2016). Manajemen Kearsipan. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. https://doi.org/10.22146/khazanah.22880
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang No 43 Tahun 2009
Sedarmayanti. (2003). Tata Kearsipan dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Bandung: Mandar Maju
Setyawan, H. (2016). Lembaga Kearsipan Perguruan Tinggi, Upaya Institusi Menjawab Tantangan Zaman. Khazanah: Jurnal Pengembangan Kearsipan. https://doi.org/10.22146/khazanah.22943
Santoso, Singgih .2014. SPSS 22 From Essential to Ekspert Skills. Jakarta: Gramedia
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Supardi. (2013). Aplikasi Statistik dalam Penelitian Konsep Statistika yang Lebih Komprehensif. Jakarta: Chage Publication
Suprastiwi, Z. A., Chandrayanti, I., Azmi, Agustiani, R., & Widayanti, T. S. (2016). Jurnal kearsipan. Jurnal Kearsipan, 11, 1–135.
Suyono. (2011). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto Ibnu Badar al-Tabany. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstuall. Jakarta: Prenadamedia Grup.
DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v17i1.30438
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...