Makna-makna simbolik dalam pengasuhan anak: kajian pola asuh Nikita Willy dalam perspektif Bourdieu

Authors

  • Imma Latifa Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Nur Shabrina Atsarina Ramadhini Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • K Khuzaimah Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Elina Nurrohmah Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ririn Aminarsih Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Refti Handini Listyani Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i2.60929

Keywords:

Pola asuh, Keluarga, Sosialisasi, Anak-anak, Bourdieu

Abstract

Keluarga menjadi lembaga sosial terkecil dalam masyarakat. Keluarga mempunyai peran penting salah satunya dalam proses pengasuhan anak. Pola asuh yang dilakukan oleh keluarga nantinya akan membentuk kepribadian dari individu dalam hidup bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotatif, konotatif, serta mitos yang terkandung dalam video youtube Nikita Willy yang berjudul "Sedikit tips parenting dari Nikita Willy", "Ini Buku Parenting yang dibaca Nikita Willy", dan "Kata Eyang Puteri dan Newa Issa lebih mirip Indra daripada Nikita Willy kalau menurut kalian gimana?", serta mengetahui modal yang dimiliki Nikita Willy dalam proses pengasuhan anak berdasarkan teori modal milik Pierre Bourdieu. Jenis penelitian ini merupakan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes atau two order of significations yang terdiri dari makna denotasi, konotasi, dan mitos. Berdasarkan hasil analisis semiotika Roland Barthes maka dapat disimpulkan bahwa pola pengasuhan yang dilakukan oleh Nikita Willy didukung oleh modal yang dimiliki seperti modal ekonomi, modal budaya, dan modal sosial.

Author Biography

K Khuzaimah, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Universitas Negeri Surabaya

References

Al Hamat, A. (2018). Representasi Keluarga dalam Konteks Hukum Islam. YUDISIA: Jurnal Pemikiran Hukum Dan Hukum Islam, 8 (1), 139-154.

Alvisi, P., Brusa, S., Alboresi, S., Amarri, S., Bottau, P., Cavagni, G., ... & Agostoni, C. (2015). Recommendations on complementary feeding for healthy, full-term infants. Italian journal of pediatrics, 41(1), 1-9.

Aslan, A. (2019). Peran pola asuh orangtua di era digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20-34.

Bourdieu, P. (1977). Outline Of A Theory Of Practice. Cambridge University Press.

Hoed, B. H. (2008). Semiotik dan dinamika sosial budaya: ferdinand de saussure, roland barthes, julia kristeva, jacques derrida, charles sanders peirce, marcel danesi & paul perron, dll. Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Maftuchatunni'mah, A., & Nasir, M. (2022). Kesadaran Orang Tua Tentang Pentingnya Pendidikan Pola Asuh Untuk Perkembangan Anak Usia Dini Di Ra Muslimat Adikarto Muntilan Magelang. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 5(1), 51-58.

Manumpahi, E., Goni, S. Y., & Pongoh, H. W. (2016). Kajian kekerasan dalam rumah tangga terhadap psikologi anak di Desa Soakonora Kecamatan Jailolo Kabupaten Halmahera Barat. Acta Diurna Komunikasi, 5(1).

Martono, N. (2012). Kekerasan Di Sekolah: Sebuah Ide Sosiologi Pierre Bourdieu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt Rosdakarya.

Ibdalsyah, I., Muhyani, M., & Mukhlis, D. Z. (2019). Media Sosial Dan Pengaruhnya Terhadap Kesadaran Beragama Sebagai Akibat Dari Pola Asuh Orang Tua Dan Peran Guru Di Sekolah. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 8(02), 397-416.

Murtafiah, S., Martono, N., & Widyastuti, T. R. (2023). Bias Kelas Dalam Video Pembelajaran Tv Edukasi Kemendikbud. Jurnal Education And Development, 11(1), 168-179.

D'Auria, E., Bergamini, M., Staiano, A., Banderali, G., Pendezza, E., Penagini, F., & Peroni, D. G. (2018). Baby-led weaning: what a systematic review of the literature adds on. Italian journal of pediatrics, 44(1), 1-11.

Pratiwi, M. R., Indrayani, H., & Amalia, S. (2020). Optimasi Pola Pengasuhan Digital dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 76-94.

Setianing, R. D. (2018). Pola asuh anak pada keluarga militer. Skripsi, Brawijaya University).

Tanzeh, A. & Suyitno. (2006). Dasar-Dasar Penelitian. Surabaya: Elkaf

Wijanarko, R., & Afrianto, I. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Chatbot Media Informasi Parenting Pola Asuh Anak Menggunakan Line. Matrix: Jurnal Manajemen Teknologi dan Informatika, 10(1), 1-10.

Downloads

Published

2023-09-01