Development of MICADO (Local Wisdom-Based Module) to Improve The Ability of Conceptive Comprehension V-Grade Students - Pengembangan MICADO (Modul Berbasis Local Wisdom) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V

Irena Rafika Sari, Universitas Muria Kudus, Indonesia
F Shoufika Hilyana, Universitas Muria Kudus, Indonesia
Much Arsyad Fardani, Universtas Muria Kudus, Indonesia

Abstract


Teaching materials that are monotonous and unattractive, as well as the lack of innovation in teaching materials, can affect students’ ability to understand concepts to be low. The purpose of this research is to improve students’ conceptual understanding abilities through MICADO (based module local wisdom) on Mathematics content with material on cubes and blocks. This research is research and development (Research and Development), using a model adapted from Sugiyono, which consists of 10 steps. In this study, it was only carried out up to the design improvement stage. The stages are 1) identification of potential and problems 2) information gathering 3) product design 4) design validation 5) design improvement 6) trial use of limited scale 7) design improvement. Data collection techniques include interviews, questionnaires, and documentation. In this study, the material expert validation test obtained an average of 82, 2% with very good eligibility criteria. In this study, the material expert validation test obtained an average of 82, 5% with very good eligibility criteria. Based on the results of the validation obtained an average of 98, 75% with very good eligibility criteria. Based on the results of the validation obtained, it can be stated that MICADO (module based on local wisdom) is suitable for use by fifth-grade students to improve their ability to understand concepts.

Keywords: Local Wisdom, MICADO, Concept Understanding

Bahan ajar yang monoton dan kurang menarik, serta kurangnya inovasi bahan ajar dapat mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi rendah.Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa melelalui MICADO (modul berbasis local wisdom) pada muatan Matematika dengan materi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Reasearch and Development), dengan menggunakan model yang diadaptasi dari Sugiyono, yang terdiri dari 10 langkah. Pada penelitian ini hanya dilakukkan hingga tahap perbaikan desain. Adapun tahapnya, yakni 1) identifikasi potensi dan masalah 2) pengumpulan informasi 3) desain produk 4) validasi desin 5) perbaikan desain 6) uji coba pemakaian skala terbatas 7) perbaikan desain. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, uji validasi ahli materi memperoleh rata-rata 82, 5% dengan kriteria kelayakan sangat baik, uji validasi ahli media memperoleh rata-rata 98, 75% dengan kriteria kelayakan sangat baik. Berdasarkan hasil validasi yang diperoleh, maka dapat dinyatakan MICADO (modul berbasis local wisdom) layak untuk digunakan siswa kelas V untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep.

Kata kunci: Local Wisdom, MICADO, Pemahaman Konsep

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 38 Kuranji. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52

Annisa, F. C., Harsono, T. F., Ramadhani, D., & Prananto, I. W. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Powtoon Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri Condongcatur. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7918

Annisa, S., Istiningsih, S., & Hidayati, V. R. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontesktual Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8(1), 3768-3780.

Arsyad, Asyar. 2017. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Asmani, Jama Ma'mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: DIVA Press.

Asyar, H.Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2019). Desain Modul Tematik Berbasis Ethno-Edutainment Pada Kurikulum 2013 untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 142–149.

Arrahim, A., & Sabrina, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Problem Solving di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i1.28092

Bakhruddin, A., & Risasongko, A. A. (2022). Pembiasaan sikap. 16, 371–390.

Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.

Firdaus, F. M., & Sari, R. N. (2018). The Effect of using the numbers scales viewer tool on understanding the concept of multiplication in class II islamic al azhar 15 pamulang elementary school. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Hidayah, N. N., & Prananto, I. W. (2019). Effectiveness of Learning Cycle 5E Learning on Mathematical Learning Achievements. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(November), 81–86.

Ismail, A. D., & Jamil, A. F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Matematika Realistik Bercirikan Budaya Indonesia. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 177–192. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp177-192

Istiningsih, S., Dewi, N. K., HMK, A. S., & Nasrudin, M. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Modul Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Di Prodi PGSD Universitas Mataram. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 2–3. Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2), 300-330.

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhamad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956

McComas, W. F. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815

Minawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(2). https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i2.672

Muhardini, S., Mariyati, Y., Sudarwo, R., Anam, K., Fitriani, E., & Milandari, B. D. (2021). Local Wisdom Dalam Mengembangkan Kemampuan. 6356, 182–187.

Musoffa. (2022). Learning Loss dan Penurunan Kompetensi Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang Banten. Alim: Journal of Islamic Education, 4(1), 63–80.

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2), 300-330.

Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Pecahan Untuk Siswa Kelas Iv Sd Negeri 38 Kuranji. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i1.52

Annisa, F. C., Harsono, T. F., Ramadhani, D., & Prananto, I. W. (2022). Pengembangan Multimedia Berbasis Powtoon Materi Bangun Ruang Kelas V SD Negeri Condongcatur. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://doi.org/10.24176/wasis.v3i1.7918

Annisa, S., Istiningsih, S., & Hidayati, V. R. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kontesktual Pada Materi Bangun Datar Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 8(1), 3768-3780.

Arsyad, Asyar. 2017. Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Asmani, Jama Ma'mur. 2012. Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Yogyakarta: DIVA Press.

Asyar, H.Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Ardianti, S. D., & Wanabuliandari, S. (2019). Desain Modul Tematik Berbasis Ethno-Edutainment Pada Kurikulum 2013 untuk Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (PPDN), 142–149.

Arrahim, A., & Sabrina, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Menggunakan Model Problem Solving di Sekolah Dasar. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.21831/didaktika.v2i1.28092

Bakhruddin, A., & Risasongko, A. A. (2022). Pembiasaan sikap. 16, 371–390.

Chuseri, A., Anjarini, T., & Purwoko, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Realistik Terintegrasi Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Materi Bangun Ruang. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 18–31. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2021.v3i1.18-31

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Diana, P., Marethi, I., & Pamungkas, A. S. (2020). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 24. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i1.2033

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108.

Firdaus, F. M., & Sari, R. N. (2018). The Effect of using the numbers scales viewer tool on understanding the concept of multiplication in class II islamic al azhar 15 pamulang elementary school. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 1–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/didaktika

Haristah, H., Azka, A., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematikan Dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236.

Hidayah, N. N., & Prananto, I. W. (2019). Effectiveness of Learning Cycle 5E Learning on Mathematical Learning Achievements. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 2(November), 81–86.

Ismail, A. D., & Jamil, A. F. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Matematika Realistik Bercirikan Budaya Indonesia. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 177–192. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no2.2019pp177-192

Istiningsih, S., Dewi, N. K., HMK, A. S., & Nasrudin, M. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Modul Kelas IV Sekolah Dasar Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Di Prodi PGSD Universitas Mataram. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 2–3. Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2), 300-330.

Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, Mokhamad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung: PT Refika Aditama.

Loviana, S., Merliza, P., Damayanti, A., Mahfud, M. K., & Islamuddin, A. M. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis dan Rumah Adat Lampung. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 4(1), 94. https://doi.org/10.32332/tapis.v4i1.1956

McComas, W. F. (2014). Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). The Language of Science Education, 108–108. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-497-0_97

Meilana, S. F., & Aslam, A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5605–5613. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.2815

Minawati, M. (2020). Potensi Penerapan Nilai-Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Math-UMB.EDU, 7(2). https://doi.org/10.36085/math-umb.edu.v7i2.672

Muhardini, S., Mariyati, Y., Sudarwo, R., Anam, K., Fitriani, E., & Milandari, B. D. (2021). Local Wisdom Dalam Mengembangkan Kemampuan. 6356, 182–187.

Musoffa. (2022). Learning Loss dan Penurunan Kompetensi Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Cikeusik Kabupaten Pandeglang Banten. Alim: Journal of Islamic Education, 4(1), 63–80.

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2(2), 300-330.

Kironoratri, dkk. (2023). Menanamkan Pendidikan Karakter Sosial Anak Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus , Indonesia . 10(3), 788–803.

Panjaitan, Ade Putra. 2014. Korelasi Kebudayaan dan Pendidikan: Membangun Pendidikan Berbasis Budaya Lokal. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Rahayu, R. (2017). Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Disposisi Matematis Dan Karakter Cinta Tanah Air. Prosiding Seminar Nasional, 152–163.

Ruslan & Wibayanti. (2019). Pentingnya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 767–775. www.perpusnas.go.id

Saidah, Nailis. 2021. Pengembangan EMPING (E-Modul Berbasis Mind Mapping) untuk Meningkatkan Kemampuan pemahaman Konsep Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muria Kudus, dosen Pembimbing (1) Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd., (2) sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, KUalitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yulianty, N. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 60–65. https://doi.org/10.33449/jpmr.v4i1.7530




DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.64298

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v6i2.64298.g20825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Irena Rafika Sari, F Shoufika Hilyana, Much Arsyad Fardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by

View Didaktika Stats