PENDEKATAN SOSIAL DALAM PEMBEWARAN AGAMA

Suparlan Suparlan,

Abstract


Pemsalahan sosial lerus tejadi dalam pmer pembangunan, bahbn pada
akhir-akhir ini ada yang menjurus pada kekerasan sosial. Pennasalahan ini tcnlunya
akan semakin mengeribn jib tidak segera dicari beberapa allernatit penumbuhan
kesadaran sosial pada anal; didik. Pendidikan agama sebagai salah salu mate" yang
sangat era1 dengan pembentubn kepribadian sudah sehamsnya ambil bagian dalam ha1
ini, terlebih agama di dalamnya telah mengkfaim sebagai pelunjuk dan pdoman
kehidumn manusia. Namun demikian vendidibn a.mm a .p ada umumnya masih terfdtus
pada penanaman doklrin spiritual, dan;dikit sckali mcngamhbn pad; pcmahaman dm
penumbuhan kcsadaran sosial whingga perk ada pemikiran unluk mengupyakan
kndidibn rgama yang bemrienlasi pcrnbelajaran soaial.
Upaya yang relatil &pat diterapkan dalam pembelajaran agama yang
berorientasi sosial tanpa mengurangi bbl mcmbcribn doklrin spiritual adalah:
memberi maha misl pada xtia~ mualan materi pembelajaran awrna,
mentranrformasikan pennasalahan dan kehidupan xalal dalai pcmbc&an
dan dengan menggunakan pendckalan merode pembelajaran plural, yang mengahin
pengarnilan, pernikiran, wrta perenungan dalam hali anak didili

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.9272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Social Media:

     


 

 Creative Commons License
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.

Translator
 
 web
    analytics
View Our Stats